kumparan
News15 Maret 2020 23:31

BIM Perketat Pengawasan untuk Antisipasi Penyebaran Covid-19

Konten Redaksi Langkan
ovfhp6aocyraanf2jj0m.jpg
Bandara Internasional Minangkabau. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Antisipasi penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menegaskan akan memperketat pemeriksaan dan pengawasan pengunjung di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).
ADVERTISEMENT
Menurutnya, pemeriksaan pengunjung tidak hanya yang datang dari luar negeri saja. Namun, juga pengunjung dari dalam negeri, seperti Jakarta dan daerah lainnya.
Selama ini, kata Nasrul, pemeriksaan pengunjung di BIM memang sudah diberlakukan. Namun, akan semakin ditingkatkan dan akan dilakukan di seluruh pintu masuk.
Pemeriksaan secara ketat itu, katanya, akan diberlakukan mulai Senin (16/3).
“Kita sudah rapat dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan otoritas Bandara serta Dinas Kesehatan. Senin besok akan kita laksanakan pemberlakukan pengecekan suhu tubuh untuk seluruh masyarakat yang keluar masuk di BIM. Baik itu domestik, maupun mancanegara,” ujarnya di Padang, Minggu (15/3).
Terkait adanya pemeriksaan lebih ketat di BIM, Nasrul Abit meminta agar seluruh penumpang bersabar jika harus mengantre panjang dan lebih lama.
ADVERTISEMENT
“Karena ini mewabah, kita juga harus sabar, akan ada antrian pada saat pengecekan di Bandara. Sabar, karena ini untuk kepentingan kita semua,” ucapnya.
Diketahui sebelumnya, selain memperketat pengawasan dan pengecekkan di BIM, Pemprov Sumbar juga akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19.
Satgas itu akan bertugas mengkoordinasikan penanganan Virus Corona di wilayah Sumbar.
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan pembentukan satgas adalah tindak lanjut dari Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-29.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan