News
·
29 Januari 2021 10:45

BKSDA Temukan Bunga Bangkai Langka Tumbuh di Agam

Konten ini diproduksi oleh langkan
BKSDA Temukan Bunga Bangkai Langka Tumbuh di Agam (486116)
Bunga bangkai yang mekar di Nagari Koto Malintang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Foto: dok BKSDA Agama
Bunga langka jenis bunga bangkai atau biasa disebut suweg ditemukan mekar di dalam kebun durian milik warga di wilayah Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
ADVERTISEMENT
Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam, Ade Putra mengatakan, bunga itu pertama kali ditemukan pada Kamis 28 Januari 2021 kemarin.
Dia menyebutkan bunga dengan nama latin amorphophallus paeoniifolius itu ditemukan saat petugas BKSDA bersama mahasiswa jurusan Biologi Universitas Negeri Padang (UNP), melakukan kunjungan ke salah satu pohon terbesar di Indonesia yang berada tidak jauh dari lokasi tersebut.
“Bunga yang biasa tumbuh didaerah tropis atau asia tenggara ini mekar dengan diameter mencapai 33 sentimeter dan tinggi 34 sentimeter dari permukaan tanah,” kata Ade dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat 29 Januari 2021.
Bunga bangkai langka itu diperkirakan akan mekar sempurna sampai dengan membusuk dalam waktu 7 sampai 10 hari. Tidak hanya satu jenis, bunga bangkai jenis lain juga ditemukan di sana.
ADVERTISEMENT
“Jadi dilokasi yang sama juga ditemukan belasan vegetatif bunga bangkai jenis amorphophallus titanum dan amorphophallus gigas,” ujarnya.
Ade mengatakan, hingga saat ini ada empat jenis bunga bangkai yang ditemukan di wilayah kabupaten Agam, yaitu Amorphophallus titanum, Amorphophallus gigas, Amorphophallus paeoniifolius, dan Amorphophallus variabilis.