Pencarian populer
PUBLISHER STORY

BMKG Minangkabau: Waspadai Hujan Lebat Hingga Akhir November

Langkan.id, Padang- Sebagian wilayah di Sumatera Barat memasuki musim hujan. Potensi hujan sedang hingga lebat diperkirakan terjadi hingga akhir November 2018.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha mengatakan, puncak musim hujan terjadi sejak Oktober hingga November. Potensi hujan karena adanya gangguan cuaca tropis dan daerah pertemuan masa udara, yang mempengaruhi wilayah Sumatera Barat.

Kata dia, hujan berpotensi terjadi di pesisir barat Sumatera Barat, mulai dari Pasaman Barat, Kepulauan Mentawai termasuk Agam. Kemudian Padang Pariaman, Padang dan Pesisir Selatan.

"Sebagian daerah di Padang Panjang, Pasaman, Bukittinggi dan Pasaman, masih berpotensi intensitas cukup tinggi dan sedang," ujarYudha kepada langkan.id, Rabu (14/11).

Yudha mengatakan, hujan diprediksi terjadi mulai menjelang siang hingga malam hari di beberapa daerah yang berlangsung secara terus menerus. Namun, di beberapa daerah potensi hujan juga bervariasi, mulai hujan yang hanya sebentar, namum beberapa saat kemudian kembali hujan.

Ia menyebutkan, sudah berkoordinasi dengan pemerintah melalui BPBD untuk meningkatkan kewaspadaan meningkatnya potensi cuaca ekstrem.

"Frekuensi meningkat tentu berimbas akan rentannya terjadi banjir dan tanah longsor di Sumarera Barat. Semua daerah-daerah dataran banjir dan lereng berbukitan kemiringan terjal rentan langsor saat hujan," ujarnya. (Irwanda)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20