kumparan
KONTEN PUBLISHER
22 September 2018 19:24

Dukung Jokowi-Ma'aruf, Bupati Pesisir Selatan Mundur dari PAN

Langkan.id, Padang- Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Pesisir Selatan. Dia mundur karena mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'aruf Amin pada Pilpres 2019.
ADVERTISEMENT
Hendrajoni telah membuat surat pengunduran diri, 2 hari sebelum deklarasi dukungan terhadap Joko Widodo-Ma'aruf Amin bersama 9 wali kota dan bupati di Sumatera Barat pada 19 September 2018.
"Sebagai Ketua DPD PAN Pesisir Selatan pilihan partai saya berbeda, nah tentu dengan perbedaan itu saya mempunyai komitmen sendiri. Selaku kepala daerah tentu saya udah merasakan kerja nyata (Jokowi) terhadap masyarakat Pessisir Selatan," ujarnya Hendrajoni saat jumpa pers di Kota Padang, Jumat malam (21/9).
Hendrajoni mengatakan, pengunduran dirinya tersebut dilakukan karena tidak ingin mengecewakan PAN selaku partai yang telah membesarkannya. Begitupun terhadap Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.
Kata dia, tak etis masih berada di PAN yang merupakan partai pengusung pasangan Prabowo-Sandi. Sedangkan dia memilih mendukung Jokowi-Ma'ruf.
ADVERTISEMENT
"Saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPP PAN saudaraku bapak Zulkifli Hasan, yang sangat baik, yang sangat luar biasa. Suhu, DPW yang ada di Sumbar, semua saudaraku di PAN," katanya.
Hendrajoni mengaku mengundurkan diri bukan karena adanya tekanan dari internal partai. Ia mundur karena etika politik dan pilihan hati nurani.
"Karena boleh saja kita ada pilihan, pilihan saya tetap (Joko Widodo-Ma'aruf Amin). Karena partai ada misi tersendiri, sebagai kader partai juga ada misi tersendiri, begitupun sebagai kepala daerah," ujarnya.
Sebelumnya, 10 wali kota dan bupati di Sumatera Barat mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk Pilpres 2019 pada Selasa malam (18/9). Salah satunya Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, yang juga menjabat Ketua DPD PAN Pesisir Selatan.
ADVERTISEMENT
Hendrajoni mengaku merasakan dampak kucuran bantuan pembangunan pemerintahan Presiden Joko Widodo ke Pesisir Selatan. Salah satu dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat.
"Kami ingin terus melakukan perbaikan terhadap daerah dan menyejahterakan masyarakat. Makanya kami ingin Pak Jokowi kembali lanjut. Kami komitmen mendukung beliau menjadi Presiden RI kembali," ujarnya. (Irwanda)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan