kumparan
10 Jul 2018 22:00 WIB

Beredar Foto Koruptor Yusafni Melenggang Santai di Luar Rutan

Langkan.id, Padang - Beredar foto Yusafni, seorang narapidana kasus korupsi Surat Pertanggungjawaban (Spj) fiktif Dinas Prasjaltarkim Sumatera Barat, berada di luar lingkungan Rumah Tahanan (Rutan).
ADVERTISEMENT
Dalam foto yang beredar, terlihat Yusafni mengunakan kaos merah dengan celana hitam serta memakai topi. Yusafni diketahui baru turun dari mobil.
Narapidana Yusafni di Luar Tahanan (Foto: Grup WhatsApp Jurnalis Sumbar Raya)
Padahal, Yusfani saat ini tengah menjalani masa hukuman 9 tahun penjara di Rutan Klas II B Anak Air, Padang. Dia terlibat kasus Spj fiktif senilai Rp 62,5 miliar.
Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, Dwi Prasetyo Sasonto, membenarkan di dalam foto tersebut merupakan Yusafni. Namun, keberadaan Yusafni di luar lingkungan Rutan bukan keleluasaan.
"Kalau teman-teman (wartawan) bilang dia keluar memang benar, tapi bukan keluar karena seperti memberikan leluasa secara bebas," kata Dwi saat memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (10/9).
Dia mengatakan, Yusafni keluar rutan karena masalah kesehatan. Yusafni disebut sedang pengobatan terapi jarum di Bukittinggi.
ADVERTISEMENT
"Yang jelas saya mengakui yang bersangkutan keluar tapi dalam rangka berobat, karena dia di rumah sakit sudah keluar masuk, mungkin mencari obat alternatif," pungkasnya. (Irwanda)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan