Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Hari Pertama Puasa, Pasa Pabukoan di Kota Padang Diserbu Warga

Langkan.id, Padang - Pemerintah Kota Padang membuka Pasa Pabukoan selama Ramadhan di beberapa lokasi. Pasa Pabukoan atau pasar dadakan yang menjual kebutuhan berbuka puasa itu pun ramai dikunjungi sejak hari pertama Ramadhan 1439 Hijriah.

"Sengaja ke sini (pasa pabukoan) karena banyak pilihan takjilnya dalam menu berbuka puasa. Apalagi, lokasinya dekat dengan Pasar Raya," terang Dasril salah satu pembeli kepada Langkan.id, Kamis 17 Mei 2018.

Salah satu Pasa Pabukoan berada di Jalan Pasar Baru, kawasan Pasar Raya Padang. Para pedagang, mulai membuka lapaknya sejak pukul 16.00 WIB hingga maghrib.

Berbagai macam menu berbuka puasa dijual pedagang di Pasa Pabukoan tersebut. Mulai dari minuman seperti es cendol, es rumput laut, es mata pengantin hingga kolak.

Bahkan makanan tradisional khas Sumatera Barat juga tersaji di Pasa Pabukoan seperti onde-onde, lamang tapai dengan harga terjangkau. Juga ada Nasi Kapau di Pasa Pabukoan ini.

"Biasanya kami selama bulan Ramadhan di sini, namun dua hari menjelang lebaran sudah tidak jualan lagi," kata Novi salah seorang pedagang nasi kapau di lokasi Pasa Pabukoan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengatakan ada 70 pedagang di Pasa Pabukoan, Jalan Pasar Baru. Mereka diberikan untuk menjaga kebersihan dan menggunakan bahan pangan yang sehat untuk dijual kepada konsumen.

Dinas Perdagangan telah melakukan sosialiasi dengan pedagang agar tidak mengunakan bahan-bahan yang berbahaya pada makanan maupun minuman. Dalam hal ini, Dinas Perdagangan melibatkan BBPOM untuk bekerjasama melakukan pengawasan.

"Selain di Jalan Pasar Baru di kawasan Pasar Raya ini, Pasa Pabukoan juga akan digelar di pelataran parkir pasar Lubuk Buaya, Bandar Buat. Yang lainnya nanti mungkin menyusul," pungkasnya Endrizal. (Irwanda)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: