News
·
15 Oktober 2019 23:46

Imbas Kabut Asap: Kualitas Udara di Sumbar Masuk Kategori Tidak Sehat

Konten ini diproduksi oleh langkan
Imbas Kabut Asap: Kualitas Udara di Sumbar Masuk Kategori Tidak Sehat (3456)
Kabut Asap di Kabupaten Dharmasraya (Foto: Zulfikar/Langkan.id)
Langkan.id, Padang – Kabut asap kiriman dari provinsi tetangga masih menyelimuti wilayah Sumatera Barat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) GAW Koto Tabang mencatat kualitas udara hari ini masuk kategori tidak sehat, berada pada level PM10 164 ug/m3.
ADVERTISEMENT
Kepala BMKG GAW Koto Tabang, Wan Dayantolis, menyebutkan hari ini kategori udara di wilayah Sumatera Barat masuk kategori tidak sehat, PM10 164 ug/m3 terpantau sekitar pukul 10.00 WIB.
“Siang tadi sempat menyentuh level tidak sehat, kalau sekarang sudah berangsur baik, berada pada level sedang,” ujarnya kepada Langkan.id saat dihubungi via telepon, Selasa (15/10).
Dikatakannya, kategori udara tidak sehat itu berada di atas level PM10 150 ug/m3. Sedangkan siang ini, sudah berada di bawah angka tersebut.
Menurut Dayan, sebaran asap di Sumatera Barat, cukup merata. Sementara untuk jarak pandang akibat kabus asap sekitar 5 sampai 10 kilometer.
Selain itu, berdasarkan pantauan pergerakan asap, juga semakin menipis. “Sudah semakin menipis, namun di bagian Selatan Sumatera Barat, seperti wilayah Kabupaten Dharmasraya asapnya jauh lebih terasa,” ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Meskipun belum masuk kategori berbahaya, Dayan meminta agar masyarakat selalau waspada dan gunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. (Adi S)