kumparan
19 Desember 2018 15:10

Isu Indonesia Punah, Pengamat: Berat untuk Kelas Bawah

Langkan.id, Padang - Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand) Padang, Asrinaldi, menilai ucapan Capres Prabowo Subianto yang menyatakan Indonesia akan punah jika tidak terpilih di Pilpres 2019, merupakan isu yang dibangun di tengah masyarakat. Segmentasi isu tersebut untuk masyarakat kelas menengah atas.
ADVERTISEMENT
"Isu itu di kelas masyarakat menengah atas, kalau kelas menengah bawah tidak jauh berfikir seperti itu (Indonesia Punah). Karena memang harus mendapat informasi alternatif terkait dengan apa penyebab punah, kenapa punah, kemudian apa antisipasinya, apakah memang dengan memilih Prabowo keadaan lebih baik," katanya dihubungi langkan.id, Rabu (19/12).
Menurut Asrinaldi, masyarakat menengah ke bawah hanya perlu isu bagaimana memikirkan bahan pokok stabil dan tidak naik, bagaimana kemiskinan ditekan dan lapangan pekerjaan didapat. Isu yang disampaikan Capres Prabowo itu terlalu berat.
"Memang harus ada diskusi panjang, kelas bawah tidak tertarik dengan isu-isu itu. Harus menjadi perhatian Tim Pemenangan Pak Prabowo terkait isu yang dibangun itu," ujarnya.
Asrinaldi mengatakan, tim Jokowi-Ma'ruf tak perlu mengklarifikasi isu yang dibangun tersebut. Harusnya tim Jokowi-Ma'ruf juga membangun isu yang lebih menarik untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.
ADVERTISEMENT
"Misalnya tahun 2019 barangkali akan ditingkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program ini, kemudian masyarakat desa akan diberikan ini. Nah isu ini akan lebih tertarik masyarakat kelas bawah akan dibanding isu pak Prabowo yang sangat panjang dan mendalam,"katanya.
Sebelumnya Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan Indonesia akan punah apabila ia kalah pada Pilpres 2019. Pernyataan Prabowo disampaikan saat berpidato di acara Konferensi Nasional Gerindra di Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Senin (17/12). (Irwanda)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan