kumparan
6 Maret 2019 19:25

Jelang Debat Cawapres, Sandiaga Cari Inspirasi di Rumah Bung Hatta

Sandiaga Uno di rumah kelahiran Bung Hatta.jpg
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta di Kota Bukittinggi, Rabu 6 Maret 2019. (Irwanda/Langkan.id)
Langkan.id, Bukittinggi- Cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno bakal debat ketiga pilpres pada 17 Maret 2019. Jelang debat, Sandiaga menyempatkan diri mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (6/3).
ADVERTISEMENT
Sandi yang mengaku sangat mengidolakan sang proklamator kemerdekaan Indonesia itu juga ingin mendapatkan inspirasi jelang debat pilpres putaran ketiga. Katanya, di rumah kelahiran inilah Bung Hatta mendapatkan karakter yang kuat.
"Untuk masuk debat ketiga nanti saya ingin mendapat inspirasi dari rumah ini, beliau (Bung Hatta) sangat terkenal kental dengan literasi suka membaca dan belajar menghadap ke Gunung Marapi. Kasih sayangnya dari seluruh keluarganya dari kesederhanaannya menjadikan seorang Bung Hatta sebagai proklamator Indonesia," ujarnya.
Ia mengatakan pekan lalu sempat bertemu putri Bung Hatta, Mutia Hatta dan suaminya. Mereka menyebut Bung Hatta pernah bernasehat tentang Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan ekonomi Indonesia dan koperasi.
"Jadi infrastruktur boleh dibangun tapi manusianya harus jadi dikedepankan. Karena manusia Indonesia ini yang akan memperkuat daya saing kita," katanya.
ADVERTISEMENT
Sandi mengatakan, Bung Hatta merupakan tokoh dan guru ekonomi Indonesia. Bung Hatta memiliki suri tauladan bangsa, pribadi uang disiplin, jujur dan santun.
"Insya Allah, Prabowo-Sandi akan amanah untuk meneruskan apa yang dicita-citakan Bung Hatta. Saya dan pak Prabowo berkomitmen untuk memajukan perekonomian rakyat dan menjunjung tinggi keadilan dan kemakmuran dalam kehidupan bermasyarakat," ujarnya.
Sandi menargetkan, ekonomi Indonesia masuk 7 besar di dunia pada tahun 2030 mendatang. Makanya, sumber daya manusia Indonesia dan infrastruktur Indonesia siap untuk kedepannya.
Selain mencari sumber inspirasi untuk debat pilpres, Sandi juga meminta kepada sekitar 63 juta kaum milenial di seluruh Indonesia harus mengenal sosok Bung Hatta. Salah satu caranya dengan mengunjungi rumah kelahirannya di Bukittinggi.
ADVERTISEMENT
"Saya sekali lagi mendapatkan insipirasi dari kehadiran di museum kelahiran Bung Hatta ini dan saya semakin yakin pendidikan ini bukan hanya di sekolah tapi di rumah dan di lingkungan sekitar kita. Bung Hatta ini selaku memberikan tauladan dan memegang teguh karakter kuat. Beliau sederhana, beliau tidak boros orangnya, kita lihat memberikan contoh ke Republik ini untuk sederhana," katanya. (Irwanda)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan