Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Keuntungan Ombilin Sawahlunto jadi Warisan Dunia UNESCO

Tambang Sawah Luwung Kota Sawahlunto. (Foto: M. Hendra/Langkan.id)

Langkan.id, Padang - Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto telah diteapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO PBB di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan, pada Sabtu (6/7/2019) lalu. Hal ini membawa kabar gembiara bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, karena akan banyak keuntungan yang diperoleh dengan adanya penghargaan tersebut.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan setidaknya ada sejumlah keuntungan setelah ditetapkannya Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto jadi warisan dunia UNESCO. Mulai dari sisi bagi masyarakatnya, bagi wisatawan nantinya, kesejahteraan masyarakat dan kearifan lokalnya, serta manfaat lainnya sebagai pengetahuan dibidang pertambangan.

"Sudah cukup lama kita perjuangan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto itu untuk jadi warisan dunia UNESCO, dan bertepatan pada hari Sabtu lalu, perjuangan itu membuahkan hasil. Kita patut berbangga, dan mari sama-sama menjaga warisan dunia ini," katanya, saat jumpa pers di Padang, Senin (08/07/2019).

Irwan menyatakan dengan adanya ketetapan terhadap Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto ini menjadi warisan dunia, maka ke depan akan membuat pertumbuhan ekonomi di Kota Sawahlunto. Karena akan nantinya bangunan milik PT. Bukit Asam (PTBA) akan dikelolah menjadi perhotelan, dan memberia aset lainnya akan menjadi destinasi wisata mendunia.

"Jadi saya melihat ada sejumlah manfaat yang amat besar bagi Kota Sawahlunto khususnya, dan Pemprov Sumatera Barat pada umumnya," tegasnya.

1. Bagi Masyarakat

Dengan telah ditetapkannya Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto jadi warisan dunia UNESCO, maka akan memberikan peluang dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat untuk mempromosikan warisan budaya Tambang Batu Bara Ombilin kepada banyak orang dan bahkan kepada dunia. Hal itu perlu dilakukan, agar para pengunjung ataupun wisatawan dapat mengenali lebih banyak lagi terhadap tambang batubara. Dengan demikian, orang yang mengetahui warisan dunia itu, akan mengapresiasi kekayaan budaya dan sejarah Indonesia yang ada di Sawahlunto

2. Bagi Pengunjung

Kehadiran destinasi wisata yang mendunia di Sawahlunti, bakal menciptakan suatu bentuk pengakuan dunia bagi situs-situs di warisan budaya Tambang Batu Bara Ombilin. Artinya pengunjung akan memperoleh pengalaman kualitas kelas dunia saat berada di Sawahlunto. Selain itu akan banyak keunikan berupa keindahan dan inspirasi yang tidak ditawarkan di situs warisan dunia manapun. Dengan demikian, akan mampu mendorong kemajuan ekonomi berupa akses, infrastruktur dan fasilitas yang lebih baik, sebagai bentuk upaya peningkatan pengalaman kunjungan yang lebih baik dan pariwisata berkelanjutan.

3. Aspek kesejahteraan

Selain itu keberadaan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto jadi warisan dunia UNESCO, akan mampu meningkatkan profit dan daya saing perekonomian setempat ke tingkat internasional. Hal ini menjadi daya tarik potensi investasi, sekaligus mendorong inovasi maupun kreatifitas ekonomi, baik di sektor barang dan jasa.

4. Aspek Pengetahuan

Dengan keberadaan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto ini, diperkirakan akan menjadi daya tarik bagi dunia akademisi kelas nasional dan internasional, baik untuk kegiatan riset maupun sebagai sarana pembelajaran serta memahami kearifan lokal. Tentunya momen ini akan terut mengundang rasa penasaran banyak orang di dunia, untuk lebih dekat mengenal Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto.

Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto ini dimasukkan ke daftar sementara warisan dunia kategori budaya sejak 2015. Setelah itu, proses pengumpulan data, penyusunan dokumen pendukung, dan diskusi panjang para ahli serta akademisi dari dalam dan luar negeri makin intensif dilakukan. Sehingga sampailah akhirnya muncul usulan agar memperluas tema nominasi untuk memperkuat Nilai Universal Luar Biasa (Outstanding Universal Value).

Perluasan tema nominasi ini berkaitan pada perluasan wilayah nominasi dengan menggabungkan beberapa kota atau kabupaten, yaitu Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Tanah Datar di Sumbar ke dalam satu wilayah nominasi, yaitu Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto. (M. Hendra)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.54