Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Komunitas Masyarakat Peduli Pengetahuan Tolak Penyitaan Buku di Padang

Langkan.id, Padang - Komunitas Masyarakat Peduli Pengetahuan menolak penyitaan buku yang dilakukan Koramil 01 Padang Barat-Padang Utara dan Kejaksaan Negeri Padang.

Aparat TNI dan Kejaksaan menyita 6 buku dengan 3 judul yang diduga terindikasi komunisme di salah satu toko buku yang terletak di kawasan Padang Barat itu, Selasa 8 Januari 2019. Buku yang disita itu berjudul Kronik '65, Mengincar Bung Besar, dan Jasmerah.

Salah seorang anggota Komunitas Masyarakat Peduli Pengetahuan Fauzi Fadhlurrahman menilai penyitaan tersebut tidak memiliki landasan hukum. Sebab peraturan penyitaan itu sudah dibatalkan Mahkamah Konstitusi melalui putusan Nomor 6-13-20/PUU-VIII/2010.

"Penyitaan sepihak itu tidak ada dasar hukumnya. Makanya kami menyebutnya bukan penyitaan, tapi perampasan," ujarnya.

Menurutnya, penyitaan boleh dilakukan setelah ada surat dari pengadilan. Namun, nyatanya penyitaan 6 buku yang dilakukan aparat TNI dan Kejaksaan tidak memiliki surat tersebut.

Apalagi kata dia, 6 eksemplar dengan 3 judul buku yang dirampas itu tidak berisikan paham komunisme. Buku-buku itu bermuatan pengetahuan sejarah.

"Buku dengan judul 'Mengincar Bung Besar', itu kan sejarah percobaan Bung Karno. Begitupun terhadap Jasmerah juga terkait sejarah juga. Jadi kami pun pendugaan (buku komunisme) tidak jelas juga. Kalau ada pun ada unsurnya, harus lewat proses pengadilan dulu," katanya.

Komunitas ini menuntut pihak yang melakukan penyitaan untuk mengembalikan nama baik toko buku tersebut. Sebab, masyarakat berpikira negatif terhadap toko itu.

"Pihak yang melakukan penyitaan mesti mengganti kerugian material yang diderita oleh pemilik toko akibat dilakukan penyitaan," ujarnya. (Irwanda)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: