kumparan
KONTEN PUBLISHER
12 Januari 2019 19:29

Mahalnya Tiket Pesawat Mulai Berdampak ke Kunjungan Wisatawan ke Sumbar

Langkan.id, Padang- Kenaikan harga tiket pesawat khusus untuk penerbangan pulang pergi Padang - Jakarta, mulai berdampak terhadap kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat.
ADVERTISEMENT
"Banyak seat yang kosong. Ini sangat tidak baik untuk pariwisata di Sumbar," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Oni Yulfian Sabtu 12 Januari 2019.
Oni mengatakan maskapai penerbangan harus menjelaskan alasan kenaikan harga tiket pesawat ini. Sebab sepinya wisatawan berdampak terhadap industri pariwisata di daerah.
"Wajar ASITA merasa terusik dengan kondisi penerbangan kini. Tiket mahal dan bagasi harus bayar. Padahal untuk menarik wisatawan ke Sumatera Barat ini kawan-kawan ASITA tentu menawari paket yang murah. Kalau serba mahal, mana mau ke Sumatera Barat," katanya.
Oni menyebutkan wisatawan yang datang berkunjung ke Sumatera Barat banyak melalui jalur udara. Badan Pusat Statistik juga merilis ribuan wisatawan masuk melalui Bandara Internasional Minangkabau.
"Hal ini sebenarnya telah dikhawatirkan juga oleh Gubernur Sumatera Barat, dan bahkan telah beberapa kali melayangkan surat ke Garuda Indonesia, tapi tidak ada perubahannya," katanya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelusuran di salah satu situs penyedia tiket daring, rata-rata harga tiket pesawat Rp 1 juta hingga Rp 2 juta untuk Sabtu 12 Januari hingga 31 Januari 2019.
Kategori penerbangan berbiaya murah, rute Padang-Jakarta dengan perjalanan 1 jam 50 menit dibanderol Rp 1.134.000. Sedangka rute Jakarta-Padang dengan perjalanan 1 jam 45 menit dibanderol Rp 1.159.000.
Sedangkan maskapai pernebangan plat merah Garuda Indonesia rute Padang-Jakarta Rp 1.921.600 dan Jakarta-Padang Rp 2.011.600. (M Hendra)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan