kumparan
24 Des 2018 21:58 WIB

Malam Natal di Padang Berlangsung Aman dan Khidmat

Langkan.id, Padang - Ribuan jemaah Kristen memadati Gereja Katedral yang berlokasi di Jalan Bundo Kanduang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (24/12) malam. Para jemaah begitu khidmat mengikuti serangkaian kegiatan malam vigili Natal yang merupakan perayaan menjelang Natal.
ADVERTISEMENT
Pantauan langkan.id, terlihat para jemaah yang datang dari berbagai daerah di Kota Padang itu telah mulai memadati gereja sejak pukul 19.00 WIB. Bahkan jemaah membludak hingga keluar bangunan Gereja.
Rangkaian kegiatan malam Natal di Gereja Katedral ini pun dijaga ketat pihak kepolisian. Tampak puluhan personel gabungan yang terdiri dari Polda Sumatera Barat dan Polresta Padang berjaga di pintu masuk gereja.
Para jemaah yang masuk dilakukan pemeriksaan ketat. Langkah itu dilakukan pihak kepolisian untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelumnya, sterilisasi juga telah dilakukan personel Brimob terhadap gereja-gereja di Kota Padang.
Karo Ops Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Djihartono mengatakan, sampai malam ini kondisi dalam perayaan Natal di wilayah hukumnya berlangsung kondusif. Pihaknya melakukan pengamanan sesuai pelaksanaan dan vloting.
ADVERTISEMENT
"Mekanisme pengaman tadi kami memeriksa setiap jemaat, kami juga mengunakan alat metal detektor untuk pemeriksaan. Alhamdulillah sampai saat ini, malam ini, kondisi di Sumatera Barat terkait perayaan Natal berjalan lancar," kata Djihartono kepada langkan.id ditemui di pos pengamanan Operasi Lilin.
Djihartono berharap kondusi Sumatera Barat yang kondusif ini dapat berlangsung hingga berakhirnya serangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru. Ia juga mengimbau untuk masyarakat agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar seperti sweeping.
"Kita berharap kondisi kondusif hingga waktu kedepan terus seperti ini," ujarnya.
Ketua Panitia Perayaan Natal Gereja Katedral Padang, Marcelinus mengatakan, tema yang diangkat pada malam Natal diambil dari ayat Alkitab 1 korintus 1:30, Yesus memberi hikmat kepada umat. Dengan tema ini, diharapkan para jemaat dapat mendapat hikmat dari suka cita Natal tahun ini.
ADVERTISEMENT
"Terdapat 2.500 jemaat yang hadir dalam pelaksanaan malam vigili Natal di Gereja Katedral Padang. Besok Natalnya, ini serangkaian pra-Natal selanjutnya nanti puncaknya ditutup misa kudus pada akhir tahun," katanya. (Irwanda)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan