Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Mengenal Masjid Raya Ganting (1): Masjid Tertua di Kota Padang

Langkan.id, Padang- Ratusan jemaah tampak memadati Masjid Raya Ganting Kamis malam 31 Mei 2018. Masjid yang terletak di Jalan Gantiang Parak Gadang Kota Padang Sumatera Barat itu merupakan masjid tertua di Kota Padang.
ADVERTISEMENT
Masjid ini berawal dari sebuah surau atau mushola berukuran 30x30 meter yang berdiri pada 1790, di tepi Batang Arau atau tepatnya di kaki Gunung Padang.
Namun surau itu dihancurkan, karena Pemerintah Hindia Belanda membuat jalan ke pelabuhan Emma Haven (Teluk Bayur).
“Pada 1805 baru mulai dibangun di lokasi sekarang dengan konstruksi atapnya berundak-undak atau bertingkat, mirip atap masjid di pulau Jawa,” ujar Pengurus Masjid Raya Ganting Nursuhud Husin Jumat 1 Juni 2018.
Ia mengatakan ada 3 tokoh Kampung Gantiang dari suku Chaniago yang merencanakan pembangunan. Tokoh itu bernama Angku Gapuak, Angku Syech H. Uma, dan Angku Syech Kapalo Koto.
Tokoh masyarakat setempat menyepakati membangun di tanah wakaf 7 suku, yang diserahkan melalui Gubernur Jendral Ragen Bakh (penguasa Hindia - Belanda di Sumatera Barat waktu itu).
ADVERTISEMENT
"Dengan dukungan banyak pihak dan bantuan dari para saudagar dan ulama Minangkabau, akhirnya pembangunan Masjid Raya Gantiang dapat diselesaikan pada tahun 1810," jelas Husin. (Irwanda). Bersambung...
Foto: Masjid Raya Ganting sebelum memiliki dua menara sekitar tahun 1900–1923 (Wikipedia)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86