kumparan
14 Mei 2019 14:26 WIB

PDI-P Kehilangan Kursi DPR RI dari Sumbar: Efek Ekor Jas

Ilustrasi caleg DPR RI. Foto: Basith Subastian/kumparan
Langkan.id, Padang- PDI Perjuangan gagal mendapatkan kursi DPR RI di Sumatera Barat pada Pemilu 2019. Malah, PDI-P kehilangan 2 kursi yang diraih pada Pemilu 2014 lalu.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan rekapitulasi KPU Sumatera Barat, hanya 7 partai politik yang mendapatkan kursi di DPR dari 2 daerah pemilihan di Sumatera Barat. Tujuh partai ini akan menempatkan 14 calegnya di Senayan.
Partai Gerindra dan PAN mendominasi kursi DPR RI dari Sumatera Barat. Masing-masingnya mendapatkan 3 kursi dari 2 dapil.
Kemudian Partai Demokrat 2 kursi, Partai Golkar 2 kursi, Nasdem 1 kursi dan PPP memperoleh 1 kursi.
Ketua DPD PDI-P Sumatera Barat Alex Indra Lukman mengatakan, hilangnya kursi DPR RI di Sumatera Barat karena efek ekor jas.
Sumatera Barat merupakan lumbung suara pasangan Prabowo-Sandi sejak Pemilu 2014. Sehingga, partai-partai pengusung pasangan capres 02 itu mendapatkan berkah berkat efek ekor jas.
"Faktanya suara pribadi saya naik 100 persen, tapi suara partai malah turun, Sementara suara partai pendukung Pak Prabowo naik sangat signifikan," ujarnya, Selasa (14/05).
ADVERTISEMENT
Selain itu, kata dia, masifnya hoaks terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf juga berpengaruh terhadap PDI-P sebagai partai pengusung. Hoaks sudah dimulai sejak sejak 2014.
"Terstruktur dan masif sejak 2017," ujarnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan