kumparan
KONTEN PUBLISHER
9 Januari 2019 15:22

Megawati dan Try Sutrisno Ikut Meluncurkan Buku yang Disita TNI Padang

Langkan.id, Padang - Koramil 01 Padang Barat-Padang Utara dan Kejaksaan Negeri Padang menyita 6 buku yang diduga terindikasi paham komunisme di Toko Buku Nagare Boshi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.
ADVERTISEMENT
Salah satu buku yang disita berjudul 'Mengincar Bung Besar'. Buku yang diterbitkan Buku Kompas ini ditulis tim media sejarah Historia.
"Buku 'Mengincar Bung Besar' yang merupakan kumpulan tulisan Historia.id adalah hasil riset dan reportase," ujar Pemimpin Redaksi media sejarah Historia.id, Bonnie Triyana, kepada langkan.id, Rabu (9/1).
Bonnie mengatakan buku tersebut diluncurkan pada 30 November 2017 di Museum Nasional Jakarta. Tepat 50 Tahun Tragedi Cikini.
Kata dia, peluncuran buku itu juga dihadiri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan mantan Wapres RI Try Sutrisno. Megawati memberikan sambutan sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
"Malah kata pengantar buku itu dari Ibu Megawati. Dan peluncuran buku itu juga dihadiri mantan Wakil Presiden Try Sutrisno," ujarnya.
Sebelumnya, Koramil 01 Padang Barat-Padang Utara dan Kejaksaan Negeri Padang menyita 6 buah buku dari 3 judul berbeda yang disita. Selain buku 'Mengincar Bung Besar', juga ada buku 'Jasmerah' dan 'Kronik '65' yang disita.
ADVERTISEMENT
"Saya tidak bisa memberikan keterangan secara benar, tapi ini buku-buku sudah jelas judulnya tentang Partai Komunis Indonesia (PKI). Sementara di Indonesia, PKI itu tidak diperbolehkan," kata Komandan Koramil 01 Padang Barat-Padang Utara, Mayor Infanteri P. Simbolon. (Irwanda)
Sumber Foto: 1. https://twitter.com/BonnieTriyana 2. Irwanda (langkan.id)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan