Pencarian populer
PUBLISHER STORY

780 Personel Polisi Akan Amankan Gereja di Padang selama Natal

Langkan.id, Padang - Polisi akan mulai mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di gereja-gereja di Kota Padang, Sumatera Barat, pada H-1 Natal atau Senin (24/12). Salah satu upaya tersebut yakni dengan mengerahkan ratusan personel untuk melakukan sterilisasi gereja.

"Personel yang terlibat ini tergabung dalam rencana pengaman Operasi Lilin Singgalang. Pada 24 Desember, siang harinya, kami akan mulai sterilisasi yang dilakukan oleh Brimob. Setelah mereka melakukan sterilisasi, pengamanannya diserahkan ke Polresta Padang," kata Kepala Polresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan, kepada langkan.id, Minggu (23/12).

Yulmar mengatakan terdapat 33 gereja, 1 sekretariat, dan 1 rumah yang akan dijadikan tempat ibadah bagi umat Nasrani di Kota Padang. Semua tempat tersebut menjadi fokus pengamanan personel polisi.

"Semua (personel) ini mengamankan setiap gereja. Pengamanan dari Polresta Padang ada 450 personel, dari Polda 180 personel, serta di-backup dari satuan samping dan pendukung-pendukung lainnya sebanyak 150 personel," ujar Yulmar.

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Sumbar, Kombes Djoko Purnomo, mengatakan akan mengerahkan satu regu personel untuk pengamanan gereja. Pengamanan itu dilakukan terpadu bersama personel Polresta Padang.

Djoko mengatakan pengamanan ini bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melakukan ibadah dan merayakan Natal. Para personel, kata dia, polisi dilengkapi dengan sistem perlindungan tubuh dan bersenjata saat melakukan operasi pengamanan.

"Gereja-gereja yang diamankan adalah gereja yang menjadi atensi. Jumlah nantinya akan ditambah tetapi penambahan sesuai kebutuhan," katanya. (Irwanda)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: