Pencarian populer
PUBLISHER STORY
Penyu Raksasa Terjaring Nelayan di Padang
Nelayan melepasliarkan penyu yang terjaring di Pantai Putus Padang, Minggu 10 Februari 2019. (M. Hendra/Langkan.id)
Langkan.id, Padang- Seekor penyu berukuran besar dengan berat diperkirakan mencapai puluhan kilogram, terperangkap jaring pukat nelayan di Pantai Purus, Padang, Sumatera Barat, Minggu (10 Februari 2019).
Beruntung penyu yang terperangkap itu, masih dalam keadaan selamat, dan nelayan pukat setempat kembali melepasliarkan hewan yang dilindungi tersebut. Proses pelepasliaran pun berlangsung cukup rumit karena ukuran penyu besar.
Salah seorang nelayan Purus, Ijal mengatakan nelayan pukat di Purus cukup sering mendapatkan penyu yang terperangkap di dalam jaring pukat. Bahkan, hampir setiap harinya penyu dengan berbagai ukuran, ditemui terperangkap di dalam jaring.
"Yang lebih besar ini pernah, yang berukuran kecil apa lagi. Tapi semuanya kita lepasliarkan kembali, karena kami tahu penyu adalah hewan yang dilindungi," katanya, Minggu (10/2/2019).
Penyebab seringnya penyu terperangkap di dalam jaring pukat nelayan Purus, karena kawasan di pantai Purus, sering dilakukan lokasi pelepasliaran tukik/anak penyu. Diduga, kawasan Pantai Purus Padang terdapat banyak kawanan penyu yang berkeliaran.
"Pemko Padang juga telah mensosialisasikan kepada nelayan, jika ada penyu yang terperangkap harap dilepasliarkan. Bahkan ada plang informasi yang terpasang di pantai ini," ujarnya.
Dengan adanya memunculkan punya berukuran besar ini, membuat masyarakat beramai - ramai menyaksikan penyelamatan hewan yang dilindungi itu, hingga dilakukan pelepasliaran ke laut.
Di kawasan Pantai Padang ini, cukup banyak titik penangkapan ikan melalui pukat ini. Di sepanjang pantai itu, diakui nelayan setempat cukup sering mendapatkan penyu yang terperangkap di dalam jaring pukat nelayan. (M Hendra)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: