• 0

PUBLISHER STORY

Pesilat 4 Negara Unjuk Aksi di Padang

Pesilat 4 Negara Unjuk Aksi di Padang


Langkan.id, Padang - Empat Negara menjadi peserta dalam Festival Silat Internasional 2018 yang diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat. Empat negara itu yakni Suriname, Singapura, Malaysia, dan Indonesia, total peserta mencapai 936 pesilat.
Sekjen Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB-IPSI) Pusat Erizal Chaniago mengatakan 936 pesilat itu terdiri dari 6 tim, berjumlah 78 orang peserta. Dari nusantara oleh 6 provinsi 10 tim dengan 300 orang. Sedangkan untuk kabupaten dan kotadi Sumatera Barat ada 18 kabupaten dan kota dengan 558 orang peserta.
Menurutnya, Festival Silat Internasional merupakan upaya untuk membuming silat. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa peminat silat belum begitu besar, dan jikapun ada berkembang hingga ke beberapa negara, masih dalam skala yang kecil.
"Saya menginginkan betul supaya iven untuk silat bisa lebih sering diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia," ujarnya di Padang, Kamis (12/7/2018)
Ia melihat Sumatera Barat merupakan daerah yang terbilang cukup sering menggelar kegiatan yang berkaitan dengan silat. Sebut saja untuk Festival Silat Internasional, Gelanggang Silih Berganti, dan festival silat tingkat kabupaten dan kota.
"Kegiatan itu bahkan diselenggarakan rutin setiap tahunnya. Alasan di daerah Sumatera Barat sering diselenggarakannya acara yang berkaitan dengan silat, karena induknya silat itu ada di Minangkabau," ucapnya.
Ketua Pelaksana sekaligus Kadispora Kota Padang Azwin mengatakan kegiatan Festival Silat Internasional 2018 ini diselenggarakan sejak tanggal 11-15 Juli 2018. Kegiatanpun dipusatkan di salah satu ruangan berukuran besar yang ada di Hotel Kyriad Bumiminang Padang. Silat yang diperagakan ialah silat tradisi dan bukanlah silat pencak. (M Hendra)

BudayaSumatera BaratInternasionalTradisiIndonesia

presentation
500

Baca Lainnya