kumparan
9 September 2019 21:14

Puting Beliung di Solsel, Masyarakat Butuh Bantuan Material Bangunan

PUTING BELIUNG.jpg
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman meninjau lokasi terdampak angin puting beliung (Foto: Humas Pemkab Solok Selatan)
Langkan.id, Padang - Masyarakat terdampak bencana puting beliung di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat saat ini membutuhkan bantuan material bangunan untuk memperbaiki rumah mereka yang rusak.
ADVERTISEMENT
Diketahui, puting beliung yang terjadi Jumat (6/9) mengakibatkan 85 unit mengalami kerusakan yang berada di Kecamatan Pauh Duo, Kebupaten Solok Selatan.
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman melalui rilis yang diterima Langkan.id, Minggu (8/9) menyebutkan, saat ini masyarakat terdampak membutuhkan material bangunan.
“Saat ini, masyarakat butuh bantuan material bangunan, seperti seng, kayu, paku dan kebutuhan lain, guna membantu mereka untuk memperbaiki rumah yang rusak,” jelasnya.
Abdul berharap agar berbagai pihak dapat membantu untuk meringankan beban mereka yang terdampak musibah puting beliung tersebut.
Berdasarkan inventarisir terhadap kerusakan, kata Abdul, sebanyak 85 bangunan mengalami kerusakan, termasuk Rumah Gadang (rumah adat Minangkabau) di Jorong Taratak Bukareh juga mengalami kerusakan.
Tidak hanya itu, ada juga satu masjid di Jorong Pinang Sinawa, yaitu masjid Hidayatul Kubra juga mengalami kerusakan.
ADVERTISEMENT
Saat kunjungan ke lokasi kejadian, Abdul Rahman langsung menginstruksikan pihak BPBD dan juga Dinas Sosial membantu memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan tersebut. “Usahakan bantuan seng agar masyarakat bisa segera gotong royong memperbaiki rumah mereka,” ungkapnya.
Selain itu, Wali Nagari Luak Kapau Alam Pauh Duo, Syahibul Izar menyebutkan, bahwa saat ini masyarakat memang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki rumahnya. “Masyarakat butuh bantuan material, seperti seng, paku, kayu reng, dan kebutuhan lain yang akan digunakan memperbaiki rumah,” ujarnya.
Lalu, Kepala Dinas, Sosial dan PMD Kabupaten Solok Selatan, Hapison mengatakan, untuk bantuan bencana dapat disalurkan melalui posko di Kantor Wali Nagari Luak Kapau yang berada di Ujuang Jalan.
“Yang ingin memberikan bantuan, sudah disiapkan posko, kita juga sudah tugaskan personil disana,” ucap Hapison. (Irwanda)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan