kumparan
search-gray
News1 Juni 2020 21:52

Riwayat Perjalanan WN Irlandia yang Dinyatakan Positif COVID-19 di Padang

Konten Redaksi Langkan
COV POS.jpg
Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)
Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Irlandia dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona (COVID-19) ketika berada di Kota Padang, Sumatera Barat.
ADVERTISEMENT
Ia diketahui positif COVID-19 setelah berinisiatif untuk melakukan tes swab mandiri karena mengalami gejala sesak napas, dan saat ini WNA berumur 41 tahun itu tengah menjalani isolasi di Semen Padang Hospital (SPH).
Direktur Utama (Dirut) Semen Padang Hospital, Farhan Abdullah mengatakan, berdasarkan keterangan WNA berinisial CMC itu, bahwa 18 April 2020 ia sampai di Medan, Sumatera Utara, saat itu ia baru saja datang dari Kamboja.
Lalu, 23 April, CMC melanjutkan perjalanan ke Kota Padang. "Dari Kamboja, ia ke Medan. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Padang menggunakan pesawat, lalu menginap di Padang," ujar Farhan, Senin (1/6).
23 April itu, jelas Farhan, CMC menginap di salah satu homestay di Kota Padang. Lalu, berpindah ke homestay lain di kawasan Bungus Teluk Kabung, Padang hingga 7 Mei 2020.
ADVERTISEMENT
Kemudian, penjelasan dari CMC, kata Farhan, setelah dari Bungus Teluk Kabung, ia kembali ke kawasan kota, ia menginap di beberapa hotel di Kota Padang hingga 20 Mei 2020.
"Jadi, sudah banyak pindah-pindah tempat penginapan, kami akan tracing lokasi-lokasi tersebut," ungkap Farhan.
Setelah itu, cerita pasien yang merupakan WNA itu, jelas Farhan, 28 Mei ia mengaku mengalami gejala hidung tersumbat. Keluhan itu juga sudah ia alami sejak tiga minggu yang lalu, setelah menyelam. Keluhan itu ia obati secara mandiri.
Lebih lanjut, 29 Mei 2020, CMC mengalami rasa tidak enak pada bagian dada, ia mengaku cukup sulit untuk menarik napas. Karena itu, CMC memeriksakan diri 30 Mei 2020 dengan tujuan untuk syarat agar bisa balik ke negaranya.
ADVERTISEMENT
"31 Mei, hasil pemeriksaan CMC keluar dan ia dinyatakan positif COVID-19. Lalu ia dibawa ke SPH untuk pemeriksaan darah dan xray thorax serta untuk menjalani perawatan," ucap Farhan.
Menurut Farhan, diperkirakan CMC terpapar Corona saat berada di Kota Padang. Saat ini kondisinya juga sudah mulai membaik, sesak napasnya juga sudah mulai kurang.
"Ia termasuk pasien positif Corona dengan gejala ringan," katanya.
Ditegaskan Farhan, CMC akan dirawat di SPH hingga dinyatakan sembuh dari COVID-19, selama perawatan ia tidak akan dipungut biaya sedikitpun. "Dia tidak boleh pulang sampai negatif, kecuali ada permintaan dan dijemput oleh negaranya," ujar Farhan. (Adi S)
*kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white