Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Semen Padang Kirim TRC ke Lokasi Bencana Limapuluh Kota

Banjir bandang di Kecamatan Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota.

Langkan.id- PT Semen Padang mengirimkan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC), untuk membantu penanganan bencana banjir bandang, di tiga jorong Kecamatan Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Tadi pagi anggota TRC Semen Padang sudah berangkat ke lokasi bencana. Sesampai di lokasi, mereka langsung melakukan asessment terkait kerusakan akibat banjir bandang tersebut. Selain itu, mereka juga berkoordinasi dengan pihak Pemerintahan Nagari setempat," kata Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati, Rabu, 17 April 2019.

Asessment terkait kerusakan akibat banjir bandang yang dilakukan TRC Semen Padang, lanjut Anita, bertujuan untuk mengetahui sejauh apa kerusakan dan apa saja yang dibutuhkan para korban di lokasi bencana. "Misalnya, kalau dari assement atau penilaian yang dilakukan diketahui bahwa korban terdampak banjir butuh sembako, maka kita kirim sembako," ujarnya.

Selain melalukan assesment dan berkoordinasi dengan Pemerintahan Nagari di daerah terdampak bencana, anggota TRC Semen Padang yang dikirim ke lokasi bencana itu, kata Anita melanjutkan, nantinya juga akan membersihkan fasilitas umum yang tertimbun material banjir bandang. "Fokus TRC yang dikirim selain melakukan assesment, juga untuk membersihkan fasilitas umum yang terdampak. Itu pun kalau ada," bebernya.

Terpisah, Koordinator Lapangam TRC Semen Padang, Rathomi Andika yang dihubungi via handphone dari Padang menuturkan bahwa dari assesment yang telah dilakukan, ditemukan ada satu unit surau yang terdampak dan surau tersebut hilang, sehingga tidak bisa dibersihkan. "Lokasi surau itu di Jorong Padang Kuniang, Nagari Situjuh Gadang," kata Rathomi, Rabu malam.

Selain surau, tambahnya, juga ada fasilitas umum berupa jalan penghubung antar nagari yang putus dihantam banjir bandang. TRC Semen Padang, katanya, tidak bisa menormalisasikan jalan putus tersebut, karena kondisi jalan itu sudah seperti sungai, sshingga harus menggunakan alat berat.

"Kondisi jalannya sudah seperti sungai, banyak batu-batu besar. Untuk menormalisasikan jalan putus tersebut, harus pakai alat berat. Tidak bisa pakai tenaga manusia," pungkas Rathomi.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur kawasan di Limapuluh Kota pada Selasa,16 April 2019, mengakibatkan banjir bandang di tiga jorong di Nagari Situjuh Gadang, Kecamatan Situjuah Limo. Tiga jorong itu terdiri dari Jorong Kociak, Jorong Padang Kuniang, dan Jorong Sungai Janiah.

Kalaksa BPBD Limapuluh Kota Joni Amir mengatakan, banjir bandang itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Banjir bandang ini berasal dari longsoran Gunung Sago dan mengakibatkan debit air di aliran Gunung Sago meningkat dan cukup deras, sehingga meluap ke sawah warga dan pemukiman sekitar aliran sungai.

Ia menjelaskan, akibat banjir ini beberapa hektar sawah terdampak dan kolam ikan warga juga ikut terbawa arus air bercampur lumpur. Kemudian hasil pendataan tim rescue BPBD Limapuluh Kota dan dibantu BPBD Kota Payakumbuh, ada satu rumah warga yang berada di dekat aliran air terkena banjir bandang.

"Saat ini warga kita yang tinggal bersama anaknya tersebut sudah diungsikan ke rumah saudaranya di sekitar Jorong Padang Kuniang," ujarnya. (Inforial)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: