Pencarian populer
PUBLISHER STORY
18 Juni 2019 11:13 WIB
0
0

Bikin Buku, Guru SMA 1 Teluk Elpaputih Dapat Apresiasi dari Kemdikbud

Peserta Bimtek Fasilitator Literasi Baca Tulis (17/6). Dok : Padil Sarif

Lentera Maluku. Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M. Hum., mengapresiasi para pegiat literasi yang ada di regional Sulawesi dan Maluku, dengan karya-karya inovatif dan kreatif.

Hal ini diungkapkan dalam sambutannya, saat membuka acara Bimtek Fasilitator Literasi Baca Tulis tingkat regional Sulawesi dan Maluku di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, (17/6).

"Kita harus mempunyai sikap optimisme dalam mengembangkan literasi, guna menuju masyarakat membaca", ungkapnya.

Sesuai amanat Undang- Undang nomor 3 tahun 2017, pasal 68, masyarakat berperan aktif dalam membangun dan mengembangkan budaya literasi melalui sistem perbukuan.

Saat ini banyak para pegiat literasi telah menerbitkan buku-buku yang berkualitas, satu diantaranya adalah Bety C. Rumkoda, Guru SMA Negeri 1 Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah, Ia telah menerbitkan buku antologi cerpen dengan judul Aku Pergi.

Buku itu, diterbitkan oleh Kantor Bahasa Maluku, langsung mendapat apresiasi dari kepala Badan Bahasa dan Perbukuan Kemdikbud. Kata dia, Sangat diharapkan, akan banyak para guru bisa menghasilkan karya tulis yang baik ,sehingga tercipta masyarakat yang cerdas berliterasi.

Beti C. Rumkoda memberikan karya buku kepada Kepala Balai Bahasa dan Perbukuan. (17/6). Dok : Padil Sarif

Kegiatan Bimbingan Teknik Fasilitator itu, diikuti oleh 10 perwakilan dari Maluku, mereka adalah dua perwakilan dari Kantor Bahasa Maluku, empat peserta dari guru yakni satu dari SLB Batu Merah, dua guru SD di Kota Ambon, satu guru SMA 1 Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah, serta keterwakilan dari komunitas yang bergerak dalam bidang literasi, seperti Taman Baca (TB) Keta dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Taman Baca Kapata Sawai Seram Utara, Yayasan Heka Leka dan Komunitas Arus Balik.

Kepala Kantor Bahasa Maluku, Dr. Asrif, M.Hum., sangat berharap agar seluruh peserta dapat ikuti dengan baik kegiatan tersebut. Kata dia, usai kegiatan, mereka kembali perkuat dan tingkatkan gerakan literasi di komunitas dan juga di sekolah-sekolah mereka, baik secara mandiri atau bersama-sama dengan Kantor Bahasa Maluku (KBM) ataupun pihak terkait lainnya”. (Padil/LM1)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53