kumparan
10 Apr 2019 9:32 WIB

Merangsang Minat Belajar Siswa Dengan Literasi Berbasis Digital

Para Siswa SD Negeri Sialle sedang praktek menggunakan gadget. (6/4). Dok Heka Leka.
Lentera Maluku. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dibatasi untuk kalangan anak-anak, misalnya penolakan untuk pemakaian gadget bagi kalangan siswa SD, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Tetapi bagaimana mengarahkan mereka, untuk dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran yang positif. Dengan menggunakan fitur yang telah tersedia, para siswa bisa menemukan informasi ilmu pengetahuan secara cepat. Inovasi pembelajaran seperti ini akan merangsang siswa untuk terus berliterasi digital.
ADVERTISEMENT
Hal ini seperti yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Heka Leka dalam program Goes To School, pada tanggal 6 April 2019 lalu, Heka Leka mendatangi SD Negeri Seilale untuk memperkenalkan Literasi berbasisi Digital dan Sains. Dengan melibatkan 44 siswa dari kelas IV dan V.
Seli MAitimu sedang sharing aplikasi belajar IPA 3 untuk para siswa. Dok Heka Leka
Menurut salah satu relawan Heka Leka, Seli Maitimu, bahwa dalam proses pengenalan tersebut diawali dengan sharing bersama siswa tentang beberapa aplikasi belajar, salah satunya adalah aplikasi belajar IPA 3, aplikasi itu dikembangakan oleh yayasan MATAHATI di jakarta, agar bisa dipakai sebagai salah satu aplikasi belajar yang menyenangakan dan kreatif.
“Beberapa anak awalnya sulit untuk membaca kode dan cara menggunakn aplikasi ini, tetapi kemudian terbiasa dan begitu bersemangat untuk menggolongkan hewan berdasarkan makna, cara berkembang biak, membedakan mahluk hidup dan benda mati dan penggolongan jenis hewan”, ujar Maitimu.
ADVERTISEMENT
“Setelah belajar dengan aplikasi, materi pun dievaluasi bersama dengan aplikasi, dengan menjawab beberapa pertanyaan yang di berikan oleh kakak pengajar”, lanjutnya.
Dahlia Difinubun, sedang memberbagi ilmu sains. Dok Heka Leka
Dalam proses perkenalan literasi digital tersebut, mereka juga menyiapkan kelas sains yang dipandu oleh relawan sains Heka Leka, Dahlia Difinubun, Ia adalah mahasiswa jurusan Kimia dari Universitas Pattimura Ambon. Dahlia Difinubun berbagi tentang belajar sains sederhana dan menyenangkan, dengan melakukan berbagai percobaan bersama siswa-siswi.
Praktek menggunakan Gadget. Dok Heka Leka
Menurut salah satu Guru SD Negeri Silale SD, J. M. Bastian, bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Heka Leka tersebut merupakan kegiatan yang untuk pertama kalinya, dimana para siswa diperkenalkan dengan hal baru, seperti sains masuk sekeloh dan digital literasi.
“Ternyata anak-anak lebih cepat mengerti dengan metode belajar seperti ini, dan mereka juga cepat tanggap, saya rasa dengan adanya metode eksperimen sangat baik, untuk membantu para siswa memahami materi yang di sampaikan oleh guru-guru nanti”, Ungkap Bastian. (LM3)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan