Woman
·
8 Juni 2021 15:39
·
waktu baca 3 menit

Cara Memanfaatkan Lima Indera untuk Merangsang Kreativitas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pernah merasa kehabisan ide alias ‘mentok’ saat bekerja atau berkarya? Kalau sudah ‘mentok’ apa yang biasa kamu lakukan? Mendengarkan musik? Mencari suasana baru untuk bekerja seperti di kafe?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Psychology Today, ternyata apa yang kamu lakukan untuk merangsang kreativitas selama ini adalah dengan memanfaatkan kelima indera tubuh. Masing-masing indera tubuh pada manusia memang memiliki fungsi istimewanya masing-masing. Maka dari itu kamu juga harus tahu bagaimana memanfaatkan dengan baik kelima indera tubuhmu untuk merangsang kreativitas sehari-hari. Berikut cara-caranya.
Penciuman
Cara Memanfaatkan Lima Indera untuk Merangsang Kreativitas (734)
Ilustrasi menggunakan indera penciuman untuk merangsang kreativitas. Foto: Pexels
Menurut Profesor Venkatesh Murthy, Ketua Departemen Biologi Molekuler dan Seluler Universitas Harvard, penciuman berkaitan erat dengan memori karena anatomi yang ada dalam otak. Memori yang akan muncul dapat membangkitkan ingatan dan merangsang kreativitas.
Coba lakukan ini: Tutup mata dan tarik napas. Jelajahi aroma yang tercium. Rasakan apa yang dibangkitkan oleh aroma ini di benakmu. Lalu, kelola menjadi sebuah ide.
ADVERTISEMENT
Pengecap
Cara Memanfaatkan Lima Indera untuk Merangsang Kreativitas (735)
Buah jeruk. Foto: Pexels
Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan oleh Young Eun Huh, Yoonah Hong, dan Nara Youn menunjukkan bahwa rasa asam yang dikonsumsi manusia dapat meningkatkan kreativitas (dan kinerja kreatif) lebih dari rasa lainnya, misal manis dan asam.
Coba lakukan ini: Tutup mata, ambil buah jeruk, kupas, lalu letakan sepotong kecil di lidah. Kunyah dan nikmati perlahan. Buka mata dan biarkan rasa memandumu ke dalam ide-ide kreatif.
Pendengaran
Cara Memanfaatkan Lima Indera untuk Merangsang Kreativitas (736)
Ilustrasi mendengarkan suara lingkungan sekitar untuk merangsang kreativitas. Foto: Pexels
Menurut studi 2012 yang diterbitkan oleh Oxford University, latar belakang suara atau kebisingan di lingkungan sekitar dengan tingkatan yang sedang sebenarnya dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Namun sebaliknya jika lingkungan tersebut memiliki latar belakang suara dengan tingkat kebisingan yang tinggi ini justru akan menurunkan kreativitas karena menghambat pemrosesan abstrak dalam otak.
ADVERTISEMENT
Coba lakukan ini: Pergi ke suatu tempat dengan suara latar belakang suara sedang, seperti pekarangan rumah atau kafe. Lihat bagaimana suara mendukung kreativitasmu.
Peraba
Cara Memanfaatkan Lima Indera untuk Merangsang Kreativitas (737)
Memberikan tangan kesempatan meraba dan merasakan sesuatu yang berbeda dari kegiatan sebelumnya bisa membuat otak bekerja lebih kreatif untuk memecahkan suatu masalah.
Coba lakukan ini: Beralih ke aktivitas taktil seperti mandi, berkebun, atau mencoret-coret saat kamu membutuhkan ide-ide segar. Aktivitas ini akan bertugas memberikan informasi melalui apa yang disentuh, apa yang menyentuh, juga informasi mengenai tekanan hingga suhu yang dirasakan.
Penglihatan
Cara Memanfaatkan Lima Indera untuk Merangsang Kreativitas (738)
Ilustrasi menggunakan indera penglihatan untuk merangsang kreativitas. Foto: Pexels
Beberapa pakar desain menyarankan untuk melihat keluar dari kebiasaan persepsi lama, lihat lebih luas banyak objek di sekitar, ini akan membuka cara baru berkreasi.
Coba lakukan ini: Gambarkan atau tulis sebuah objek dengan melihat — dan menangkap ruang yang mengelilinginya. Biarkan matamu menjelajah ke hal-hal yang tidak biasa diperhatikan secara detail. Seperti ornamen dalam gelas.
ADVERTISEMENT
Beberapa pakar menyarankan untuk menggunakan kelima indera ini bersamaan untuk mendapatkan ide-ide kreatif. Misal, pergi ke kafe atau ke luar ruangan untuk mendengarkan suara sekitar. Tutup mata dan cium aroma kopi dan croissant. Cicipi mereka dengan mata yang masih tertutup. Sekarang buka mata dan lihat sekeliling. Tangkap cuplikan suasana di lingkungan sekitar lalu tuangkan dalam bentuk sketsa tulisan maupun gambar. Ikuti kemana otak akan membawamu mendapatkan ide-ide yang luar biasa. Jadi, saat merasa ‘mentok’ cara di atas bisa dicoba ya, gaes!