kumparan
29 Agu 2019 18:05 WIB

Cerita di Balik Wajah Baru Desktop kumparan

Kamis, 29 Agustus 2019, kumparan tampil dengan wajah baru. Hal ini akan sangat terasa bagi para pembaca yang biasa mengakses kumparan via desktop. Ya, kami merombak besar-besaran tampilan desktop. kumparan melakukan beberapa penyesuaian tampilan desktop sehingga pembaca dapat lebih mudah mengkonsumsi konten-konten yang ada di website.
ADVERTISEMENT
Perubahan ini tentunya tidak akan terjadi tanpa peran awak kumparan di belakangnya. Project yang dipimpin oleh Head of Product Platform, Bima Arafah, ini dimulai sejak bulan Juli 2019. Proses pengerjaannya memakan waktu hingga kurang lebih 2 bulan. Dalam prosesnya, Bima juga dibantu oleh 2 Product Manager kumparan, Fahrul Rizal dan Justin Salim.
Sebagian tim yang mengerjakan wajah baru desktop kumparan.
Dari sisi engineering, ada Andhika Ventausa, Frontend Engineer Manager kumparan. Untuk proyek ini, Andhika mengaku tidak mengalami kendala berarti.
“Prosesnya sama seperti menjalankan task sehari-hari, cuma kali ini scope-nya lebih besar,” jelas salah satu engineer kumparan yang bekerja dari Malang ini.
Dalam mengerjakan project ini, Andhika juga dibantu oleh timnya yaitu, Hendra Rusdi, Rizki Romadhini dan Arrizal Amin. Meskipun semua anggota timnya sama-sama bekerja dari Malang, tapi sebagian besar bekerja secara remote.
ADVERTISEMENT
Situasi itu tidak menjadi kendala yang berarti. “Kami sudah terbiasa bekerja secara remote, yang penting semua online pada jam-jam yang sudah ditentukan sehingga kita bisa mengerjakan project bersama meskipun tidak dalam satu lokasi,” jelas ayah dari putri kembar ini.
Lain engineering, lain juga product designer. Jika engineering mulai mengerjakan project ini sejak Juli 2019, Product Designer kumparan, Ardian Trimurti Hermanto, malah sudah mulai mengerjakan desain desktop baru ini sejak akhir Juni 2019.
“Tenggat waktu yang lumayan singkat jadi satu-satunya kendala dalam mengerjakan project ini, untungnya pekerjaan saya yang lain sempat di-pending demi fokus mengerjakan project ini,” jelas awak kumparan yang bekerja dari Yogyakarta ini.
Meskipun semua anggota tim yang terlibat di project ini sebagian besar bekerja secara remote dari Jakarta, Yogyakarta, dan Malang, namun mereka semua tidak mengalami gangguan berarti dalam hal koordinasi.
ADVERTISEMENT
“Paling di 2-3 minggu waktu terakhir pengerjaan project, masalah satu per satu mulai muncul. Biar lebih gampang komunikasi, kami yang dari Yogya ke Malang untuk bekerja bersama di kantor kumparan di Malang,” jelas Fahrul Rizal.
Fahrul membagikan pengalaman menariknya selama mengerjakan project ini. “Karena project ini, jadi saya kenal lebih banyak karyawan kumparan. Yang biasanya hanya komunikasi via online, kemarin akhirnya bertemu muka dan malah jadi akrab,” jelas Product Manager kumparan yang baru bergabung bulan April 2019 ini.
Ketika ditanya apa saja harapan mereka dengan adanya perubahan ini, semuanya kompak berharap semoga dengan perubahan ini, kumparan dapat menjawab kebutuhan semua pembaca, baik pembaca via aplikasi mobile ataupun desktop.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·