kumparan
31 Okt 2018 9:46 WIB

kumparan 1001 Startup Media dan Cerita di Baliknya

kumparan 1001 startup media online (Foto: kumparan)
Hanya dua hari sejak kumparan membuka program 1001 Startup Media, lebih dari 500 perorangan dan kelompok telah mendaftarkan diri. Dari Sabang hingga Merauke. Dari yang berkeinginan menjadi media berita (umum) hingga yang berbasis interest (sepak bola, pertanian, penerbangan, musik, hingga lari). Padahal kumparan hanya akan merekrut 35 startup media saja.
ADVERTISEMENT
Tentu saja tidak menjadi masalah. Menggembirakan malah. Kami bisa sedikit berbangga, kumparan makin dikenal dan dipercaya. Atau, keyakinan kumparan akan tingginya gairah kewiraswastaan di bidang digital (digital entrepreneurship) di Indonesia benar adanya. Yang harus kami lakukan sekarang hanyalah menyeleksi yang tepat untuk digandeng.
Keyakinan ini sebenarnya berdasar ketika di awal kumparan didirikan satu setengah tahun yang lalu dan hanya mencari 100 karyawan, kami dibanjiri lebih dari 27 ribu pelamar. Padahal saat itu wujud maupun bau kumparan, kecuali janji bahwa kami akan berbeda dari media-media online yang ada, belum diketahui kecuali oleh penggagasnya.
Ke mana perginya mereka yang saat itu tidak diterima oleh kumparan? Jangan-jangan mereka yang tidak diterima ada yang mempunyai ide brilian? Bagaimana cara membantu mereka? Bagaimana pula kemudian membantu mereka yang tertarik dengan dunia media digital pada umumnya? Itu selalu menjadi salah satu yang kami pikirkan. Tentu saja yang sesuai dengan kapasitas platform kumparan.
ADVERTISEMENT
Inisiasi dan pengelola program 1001 Startup Media ini kemudian kami berikan ke Tim Kolaborasi. Tim dengan jumlah 12 personel di bawah pimpinan Dhini Hidayati adalah yang selama ini mengelola semua tulisan dan mengkurasi segala bentuk materi dari luar redaksi, menjalin dan menjaga hubungan dengan semua pemangku kepentingan terkait crowdsourcing dan crowdfunding, dan mengembangkan berbagai potensi kerja sama strategis dengan pihak luar. Karenanya kami merasa tepat saja kalau program ini dipegang oleh mereka.
Tim Kolaborasi kumparan (Foto: kumparan)
A safe pair of hands’ begitu kami menyebut Tim Kolaborasi ini. Tak banyak ribut, tekun, selalu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan rencana dan tepat waktu.
‘’Kami masih buka pendaftaran hingga tanggal 29 November 2018,’’ kata Dhini mengenai program 1001 Startup Media ini. ‘’Pengumuman pendaftar terpilih seleksi pada tanggal 3 Desember 2018.’’
ADVERTISEMENT
---
Detail program kumparan 1001 Startup Media bisa anda lihat di tautan ini: https://kumparan.com/kumparan1001mediaonline/batch-2-1540792262500360964.
Bagi anda yang ingin mendaftar, sila isi formulir di tautan ini: http://1001media.kumparan.com.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan