Tekno & Sains
·
6 Oktober 2020 17:05

Kelas kumparan: SEO dan Ceritanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kelas kumparan: SEO dan Ceritanya (8481)
Dokumen : kumparan
Hari ini (6/10), tim marketing kumparan baru saja mengikuti Kelas kumparan bersama Muhammad Ilman Akbar (SEO Trainer & Consultant). Kelas yang berlangsung selama 1 jam mengupas tentang SEO (Search Engine Optimization), bagaimana perkembangan dan tren SEO 2021 beserta tips-tips menariknya, hingga bagaimana potensi backlink saat ini. Backlink merupakan sebutan untuk sebuah link yang mengarah ke website, dimanfaatkan sebagai rujukan untuk pembaca ataupun keperluan optimasi agar website lebih populer di mesin pencari.
ADVERTISEMENT
Dibuka dengan pemaparan tentang fundamental konsep dalam SEO, lalu Ilman menjelaskan secara singkat tentang proses SEO yang dibagi menjadi tiga step, yaitu keyword research, on-page optimization (konten dan teknikal) dan off-page optimization.
Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan tren SEO 2021. Dimulai dari Keyword Research, di 2021 tema atau topik konten diharapkan bisa lebih fokus, penggunaan kata kunci yang relevan serta pengelompokan kata kunci berdasarkan sub topik juga harus diperhatikan.
Kelas kumparan: SEO dan Ceritanya (8482)
Dokumen : kumparan
Ia juga menyampaikan untuk bisa tetap menjaga kualitas konten yang dibuat. Lalu seperti apa konten dengan kualitas yang baik? Teknik E-A-T (Expertise - Authoritativeness - Trustworthiness) Google bisa dijadikan pedoman. Teknik ini untuk memastikan konten yang dibuat berkualitas dan informasi yang diberikan tidak menyesatkan pembaca. Selain itu penting juga untuk memberikan konten versi terbaik dari diri sendiri, menganalisis kompetitor, juga memperkaya konten yang relevan atau sub topik yang berhubungan.
ADVERTISEMENT
Untuk dari segi teknik Ilman menekankan pada mobile first indexing dan cone web vitals. Karena saat ini pengguna datang lebih banyak dari perangkat mobile, jadi penting untuk memastikan performa website baik saat diakses via versi mobile.
Dan yang terakhir, off-page SEO dengan kunci membangun link juga pertemanan yang baik. Di SEO 2021 Ilman menambahkan mesin pencari Google akan semakin pintar, mulai dari menyeleksi konten hingga menyajikan konten yang relevan dan semakin berkualitas. Maka ini menjadi tantangan untuk kita memperhatikan konten yang dibuat, perhatikan kualitasnya bukan hanya fokus pada kuantitas. Karena kualitas akan lebih penting dibandingkan kuantitas.
Lalu bagaimana dengan backlink? Di penutup Ilman menyampaikan bahwa backlink masih akan efektif dengan catatan lebih selektif untuk memilih website yang akan memberikan rekomendasi.
ADVERTISEMENT
Jadi, apakah kamu sudah siap dengan SEO di 2021?
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white