kumparan Academy: 101 Tips Career For Graduates

29 September 2021 15:31
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
kumparan Academy: 101 Tips Career For Graduates (46846)
searchPerbesar
kumparan Academy. Dokumen: kumparan
Senin (27/9) kumparan Academy hadir di Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) untuk sharing dengan teman-teman mahasiswa tingkat akhir yang akan menghadapi dunia kerja. Membawakan tema 101 Tips Career For Graduates, Merina Indah Lestari, Recruitment and Organization Development Specialist kumparan sharing bagaimana memulai karier untuk fresh graduate, mulai dari tips membuat CV hingga menghadapi proses interview.
ADVERTISEMENT
Tidak sendirian, Merina juga ditemani oleh Tirta Kusuma Wardana, Motion Graphic kumparan yang sharing tentang pengalamannya menghadapi dunia kerja pertamanya sebagai fresh graduate saat itu dan bagaimana pengalamannya menjadi seorang motion graphic designer di kumparan.
Dibagi menjadi dua sesi dengan masing-masing durasi satu jam, kehadiran Merina dan Tirta disambut antusias, dengan pertanyaan-pertanyaan tentang dunia kerja, baik yang bersifat magang maupun karyawan full time.
Di sesi pertama dibuka dengan presentasi Merina, tentang gambaran bagaimana proses rekrutmen kerja, bagaimana mempersiapkan CV yang menarik di mata rekruter, persiapan sebelum interview kerja, apa saja yang tidak boleh dilakukan saat dalam proses melamar kerja, dan ditutup dengan bedah CV mahasiswa Polimedia.
kumparan Academy: 101 Tips Career For Graduates (46847)
searchPerbesar
Merina memberikan presentasi tentang 101 Tips Career For Graduates. Dokumen: kumparan
Setelah prestasinya selesai satu demi satu pertanyaan masuk di fitur chat. Salah satu peserta, yang juga merupakan mahasiswa tingkat akhir saat itu mengajukan pertanyaan tentang bagaimana pandangan seorang rekruter saat ada calon kandidat fresh graduate yang mengirimkan CV untuk lebih dari satu posisi. Ini memberikan gambaran terkadang bagi beberapa orang fresh graduate menentukan posisi karier pertama cukup membingungkan. Terlebih jika mereka mempunyai keahlian yang bisa diterapkan lebih di satu bidang.
ADVERTISEMENT
Menurut Merina ini sah saja, terutama di kumparan. Karena kumparan memiliki beberapa rekruter yang menangani divisi berbeda. Jadi, ada kemungkinan CV yang diterima dengan dua posisi yang berbeda juga akan diterima oleh rekruter yang berbeda.
Ini bisa menjadi pertimbangan lebih lanjut bagi rekruter untuk menentukan posisi mana yang paling cocok dengan keahlian calon kandidat. Dan terkadang cara ini bisa membantu calon kandidat mengenali kemampuan dan kelebihan mereka untuk ke depannya.
Satu jam sudah sesi pertama selesai dan dilanjutkan dengan sesi sharing bersama Tirta. Sesi ini dikemas lebih ringan, tanpa presentasi, layaknya talkshow. Dalam sesi ini Tirta berbagi bagaimana serunya menjadi seorang motion graphic designer di kumparan.
kumparan Academy: 101 Tips Career For Graduates (46848)
searchPerbesar
Tirta (kiri) dalam sesi sharing di kumparan Academy. Dokumen: kumparan
“Seru, di kumparan kita diberikan kebebasan untuk berekspresi, mau bentuk visualnya gimana, itu diserahkan ke kita. Dan itu menyenangkan, jadi nggak kaya dikekang. Yang penting, data dan angka, semuanya harus valid.” kata Tirta.
ADVERTISEMENT
Tirta juga menambahkan buatnya mengetahui alur berita sebelum publish dan mengetahui banyak seluk beluk informasi yang belum banyak orang lain tahu itu sangat menyenangkan. Dari sini juga pengetahuannya banyak bertambah.
kumparan Academy: 101 Tips Career For Graduates (46849)
searchPerbesar
Peserta kumparan Academy. Dokumen: kumparan
Nah, buat teman-teman yang tertarik juga buat bergabung dengan kita di kumparan, yuk, langsung cek join.kumparan.com.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020