Lebih Mudah dan Cepat Membuat Paspor di kumparan

16 September 2021 16:16
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Lebih Mudah dan Cepat Membuat Paspor di kumparan (45110)
searchPerbesar
Pemohon pembuatan paspor mengisi data diri. Foto: kumparan/Aditia Noviansyah
Kamis (16/9), kali kedua kumparan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi menyediakan layanan pembuatan paspor untuk awak kumparan dan keluarga di kantor Jati Murni.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya kumparan juga pernah melakukan program ini pada 10 Februari 2020 dalam rangka menyambut Hari Pers, 9 Februari.
Di kesempatan kedua ini kumparan bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dalam program Pelayanan Eazy Passport, yang dibuat Direktorat Jenderal Imigrasi, yaitu pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor Imigrasi.
Lebih Mudah dan Cepat Membuat Paspor di kumparan (45111)
searchPerbesar
Ikhwanul Khabibi, Head of Coverage & Content Synchronization kumparan melakukan foto untuk pembuatan paspor. Foto: kumparan/Aditia Noviansyah
Saat diumumkan pertama kali pada tanggal 8 September 2021 oleh Zarona, Employer Branding & Engagement Manager, bahwa kumparan memfasilitasi pembuatan secara kolektif dari kantor, program ini langsung disambut baik oleh awak kumparan.
Sampai jangka waktu pendaftaran yang ditentukan ditutup total sudah ada 43 pemohon, baik itu dari dari awak kumparan maupun keluarga.
“Program ini sebenarnya bukan untuk mendorong (awak kumparan) pergi ke luar negeri, tapi kami memfasilitasi misalnya ada teman-teman mempunyai kebutuhan memperpanjang paspor atau sebagai bentuk jaga-jaga kalau ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan ke luar negeri.” ujar Zarona, yang akrab disapa Izar.
Lebih Mudah dan Cepat Membuat Paspor di kumparan (45112)
searchPerbesar
Zarona, Employer Branding & Engagement Manager. Foto: kumparan
Izar menambahkan dalam situasi masih pandemi saat ini awalnya ia tidak berekspektasi program ini akan cukup banyak peminatnya. Namun, karena kemudahan yang ditawarkan, ini menjadi kesempatan yang tidak disia-siakan oleh beberapa awak kumparan. Bahkan ada juga yang sampai memboyong ibu dan anak-anaknya dalam program ini.
ADVERTISEMENT
Awak kumparan dan keluarga yang sudah mendaftarkan diri sebagai pemohon hanya perlu datang ke kantor kumparan untuk foto diri dan pengambilan sidik jari. Sedangkan dokumen yang diperlukan sudah dikirim terlebih dahulu ke kantor Imigrasi. Selanjutnya pemohon akan menunggu paspor mereka jadi maksimal lima hari kerja.
Lebih Mudah dan Cepat Membuat Paspor di kumparan (45113)
searchPerbesar
Awak kumparan saat mengikuti pembuatan paspor di kantor kumparan. Foto: kumparan/Aditia Noviansyah
Prokes cukup ketat juga diberlakukan di program ini. “Ada beberapa syarat yang diwajibkan untuk awak kumparan dan keluarga yang akan mengikuti program ini. Di antaranya sudah melakukan vaksinasi COVID-19, menunjukkan surat swab antigen (non-reaktif). Dan secara teknis, saat acara berlangsung juga diatur cukup ketat flow-nya, jadwal kedatangan dibagi menjadi beberapa kloter agar tidak terjadi penumpukan di lingkungan kantor yang dimulai dari jam 9.00 WIB sampai dengan jam 12.00 WIB.” jelas Izar.
Lebih Mudah dan Cepat Membuat Paspor di kumparan (45114)
searchPerbesar
Keluarga dari awak kumparan saat mengikuti pembuatan paspor di kantor kumparan. Foto: kumparan/Aditia Noviansyah
Titik lokasi perlokasi diatur sedemikian rupa agar meminimalisasi interaksi antar pemohon. Mulai dari pintu masuk dan keluar yang berbeda, meja pemeriksaan data, hingga pengambilan foto dan sidik jari dipastikan aman dari kerumunan.
ADVERTISEMENT
Apa kata awak kumparan?
"Menyenangkan sekali bisa membuat paspor di kantor sendiri. Pelayanannya juga cepat dan mudah. Asal dokumen kita lengkap, bisa langsung proses foto dan verifikasi data, sudah, deh selesai! Bikin paspor sekarang jadi enggak ribet!" kata Azalia Amadea, Assistant Editor kumparan Food.
Lebih Mudah dan Cepat Membuat Paspor di kumparan (45115)
searchPerbesar
Azalia Amadea, Assistant Editor kumparan Food saat mengikuti pembuatan paspor di kantor kumparan. Foto: kumparan/Aditia Noviansyah
“Ikutan buat paspor kolektif ini tujuannya, sedia payung sebelum hujan, siapa tahu dapat rezeki bisa ajak keluarga lihat negara lain sama budayanya. Syukur-syukur bisa jadi motivasi meski gak tahu kapan bisa pergi ke luar negerinya.” tutur Miradi, Brand Manager kumparan.
Lebih Mudah dan Cepat Membuat Paspor di kumparan (45116)
searchPerbesar
Miradi, Brand Manager kumparan dan keluarga saat mengikuti pembuatan paspor di kantor kumparan. Foto: kumparan/Aditia Noviansyah
“Berasa eksklusif, cuma tinggal daftar, dateng ke kantor untuk foto, kalau sudah jadi juga dikabarkan, tinggal ambil di kantor. Gak pake ribet, jadi bisa tetap fokus selesaikan kerjaan. kumparan keren!!!” kata Eko Prihanto, Project Administration Officer kumparan.
ADVERTISEMENT
Tertarik join kegiatan seru seperti ini? Ayo, jangan sungkan untuk menjadi keluarga besar kumparan dengan klik tautan ini.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020