Woman
·
15 Oktober 2020 18:14

Mengapa Kita Perlu Memiliki Self-Compassion?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Di dalam sebuah kehidupan, ada beberapa fase yang membuat diri kita sulit mengikutinya dan terkadang membuat kita melakukan sebuah kesalahan, merasa tidak dapat melakukan sebuah pekerjaan dengan baik atau merasa kita kurang bekerja keras. Kita membiarkan diri kita beranggapan bahwa diri ini tidak cukup baik. Jika tidak berhati-hati, pikiran tersebut akan membebani diri sendiri.
Mengapa Kita Perlu Memiliki Self-Compassion? (89063)
Ilustrasi menyalahkan diri sendiri terlalu dalam atas kesalahan yang dilakukan. Dokumen: pexels.com
Kita perlu mengubah pola pikir yang lebih baik terhadap diri sendiri ketika gagal, menerima pekerjaan yang belum dilakukan dengan sempurna, dan dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Cara ini dikenal dengan self-compassion, tentang bagaimana kita memperlakukan diri sendiri dengan penuh kasih sayang, perhatian dan kebaikan.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari pikiran yang negatif dan menciptakan self-compassion di dalam diri:
  • Langkah pertama: Ketika menemukan diri merasa berada di tengah sebuah kegagalan dalam melakukan sesuatu atau merasa kecewa, ingatkan diri bahwa kamu sudah melakukan tugas yang sulit dan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikannya.
  • Langkah kedua: Ingatkan diri sendiri bahwa kamu tidak harus selalu menguasai banyak hal karena tidak semua orang memiliki keahlian yang sama.
  • Langkah ketiga: Tanamkan dalam diri bahwa membandingkan diri dengan orang lain bisa menyakitkan hatimu sendiri, terutama jika kamu melihat kesuksesan seseorang di media sosial. Kamu hanya perlu berterima kasih atas kemajuan yang telah kamu lakukan.
Mengapa Kita Perlu Memiliki Self-Compassion? (89064)
Ilustrasi bekerja dengan mood yang lebih baik. Dokumen: pexels.com
  • Langkah keempat: Tidak apa-apa jika merasa beruntung. Hasil yang sukses terkadang didasarkan pada keberuntungan. Dan jika terjadi kegagalan, jangan menyalahkan diri sendiri terlalu dalam karena seringkali ada hal-hal tidak bisa sepenuhnya kamu kontrol.
ADVERTISEMENT
  • Selanjutnya, jangan biarkan diri bergantung pada hal-hal diluar kendali, yang perlu kamu lakukan adalah percaya terhadap diri sendiri sehingga kamu akan berusaha sekuat yang kamu bisa tanpa mengkhawatirkan pikiran orang lain.
  • Dan terakhir, luangkan waktu untuk me time dan jangan meremehkan istirahat, ya!
Jika kamu sudah menyadari dan melakukan langkah-langkah diatas, kamu dapat memahami dan memiliki self-compassion di dalam diri yang akan membuat pekerjaan dan hidup menjadi lebih sehat dan bahagia.