Bisnis
·
14 Januari 2021 17:54

Mengembangkan Koneksi Profesional di Dunia Virtual

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Keberhasilan banyak profesional bergantung pada hubungan yang mereka bangun dengan kolega dan pemangku kepentingan. Para profesional yang sukses tahu bagaimana membangun hubungan dan berkolaborasi dengan orang lain. Dimana koneksi yang dibangun dapat membantu mereka menerima informasi penting dan dukungan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dalam karier. Berikut cara untuk membantu mengembangkan hubungan profesional di tempat kerja:
Mengembangkan Koneksi Profesional di Dunia Virtual (417153)
Ilustrasi membangun koneksi. Foto: Pexels
1. Temukan Alasan Mengapa Kamu Ingin Terhubung dengan Orang Tersebut
ADVERTISEMENT
Apakah orang tersebut memiliki keahlian tertentu di bidang yang perlu kamu pelajari lebih lanjut? Atau apakah mereka pernah bekerja dengan organisasi yang dapat menguntungkan pekerjaan kamu?
Dan pastikan kamu juga memiliki sesuatu yang dapat orang lain pertimbangkan. Seperti yang dikatakan psikolog organisasi, Adam Grant, bahwa hubungan yang paling sukses dalam karier dan profesional adalah jika hubungan tersebut saling menguntungkan.
2. Minta Bantuan dari Teman atau Kolega
Jika kamu mengetahui teman atau kolega memiliki hubungan profesional dengan orang yang ingin kamu hubungkan, cobalah mempertimbangkan untuk memanfaatkan koneksi mereka.
Mulailah dengan perkenalan yang hangat, atau meminta seseorang yang kamu kenal untuk memperkenalkamu dengan orang lain. Dengan bantuan teman atau kolega yang sudah kamu kenal sebelumnya ini bisa memperluas hubungan atau koneksi kamu. Anggaplah ini sebagai bentuk promosi, yang dapat membantu meningkatkan minat orang lain untuk bersikap terbuka dengan kamu.
ADVERTISEMENT
3. Memanfaatkan Platform Jaringan Profesional
Saat kamu menjangkau orang baru menggunakan platform jaringan profesional, seperti LinkedIn, kamu tidak hanya mengirim pesan, tapi juga bisa berbagi profil tentang kariermu. Saat mengirim permintaan terkoneksi di LinkedIn, misalnya, kamu memberi orang lain kesempatan untuk melihat foto dan mempelajari latar belakangmu. Ini dapat membangkitkan minat orang tersebut untuk terhubung denganmu.
Mengembangkan Koneksi Profesional di Dunia Virtual (417154)
Ilustrasi membangun koneksi di dunia digital. Foto: Pexels
4. Highlight Sebuah Kesamaan
Jika kamu memiliki kesamaan dengan orang lain, pertimbangkan untuk meng-highlight hal ini. Apakah kalian lulus dari perguruan tinggi yang sama atau pernah bekerja di perusahaan yang sama? Apakah kalian memiliki latar belakang karier yang sama?
Memanfaatkan kesamaan dapat membantu kamu menciptakan hubungan emosional, yang dapat memungkinkan terciptanya hubungan yang kuat.
ADVERTISEMENT
5. Jangan Terlalu Kaku dan Formal
Untuk membuat koneksi dengan seseorang, tentu kamu ingin membuatnya tetap terlihat profesional. Tetapi bukan berarti kamu harus bersikap kaku dan terlalu formal. Karena di dunia virtual, buatlah perkenalan atau koneksi tersebut terasa seperti nyata. Buat orang lain merasa terhubung dengan manusia, bukan hanya sebuah perangkat lunak. Tidak ada salahnya menggunakan bahasa yang lebih casual di beberapa momen tertentu namun tetap terlihat sopan.
6. Terhubung Melalui Telepon atau Video Online
Setelah terhubung melalui email atau LinkedIn, coba pindahkan percakapan ke platform telepon atau video online. Bisa dimulai dengan berdiskusi tentang perkembangan industri saat ini. Mendengar suara dan melihat muka satu sama lain dapat membantu kalian merasa lebih terhubung dengan manusia. Cara ini juga dapat memperkuat emosional dan hubungan jangka panjang.
Mengembangkan Koneksi Profesional di Dunia Virtual (417155)
Ilustrasi terhubung melalui video online. Foto: Pexels
7. Bersikaplah Menyenangkan
ADVERTISEMENT
Dalam setiap komunikasi yang dilakukan dengan orang lain, berusahalah untuk bersikap baik. Sapa dengan senyuman. Ini akan membuat hubungan dan koneksi yang kamu buat menjadi lebih hangat dan terasa menyenangkan. Karena orang lebih akan merasa nyaman jika bekerja dengan teman atau rekan kerja yang menyenangkan.
8. Tetap Berkomunikasi
Saat sudah terkoneksi, usahakan kamu tetap menjalankan sebuah komunikasi. Misalnya, bisa dengan cara berdiskusi saat kolega membagikan sebuah konten tentang isu terkini dunia industri terkait. Karena di dunia virtual, untuk memulai tidak perlu menanggapinya secara berlebih, ya.
Buat komunikasi terasa nyaman untuk membangun kepercayaan, yang pada akhirnya membuat orang merasa nyaman bekerja denganmu.
9. Buat Koneksi untuk Orang Lain
ADVERTISEMENT
Mengembangkan koneksi yang kuat tidak hanya berfokus pada hubungan diri sendiri dan orang lain yang kamu anggap menguntungkan. Cobalah menjadi penjembatan untuk menghubungkan orang lain dengan koneksi barunya. Bukan hanya dapat menghubungkan orang lain tapi kamu juga bisa semakin memperluas koneksi juga.
Walaupun saat ini kita hidup di dunia virtual tapi penting untuk tetap mengembangkan koneksi profesional. Bukan hanya akan menguntungkan karier tapi juga bisa menjadi salah satu cara untuk tetap bisa menambah dan memperluas pengetahuan maupun perkembangan dunia industri saat ini. Kalau kamu, bagaimana cara mengembangkan koneksi profesional di dunia yang serba virtual saat ini?