Woman
·
14 September 2021 14:39
·
waktu baca 3 menit

Seni Mendelegasikan Pekerjaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Seni Mendelegasikan Pekerjaan (863871)
searchPerbesar
Ilustrasi mendelegasikan pekerjaan. Foto: Shutterstock
Mendelegasikan pekerjaan atau tugas tertentu kedengarannya mudah tetapi menyerahkan ‘tongkat estafet’ secara efektif membutuhkan banyak kepercayaan, komunikasi, dan koordinasi.
ADVERTISEMENT
Menurut Dr. Scott Williams, profesor manajemen di Wright State University, mendelegasikan lebih dari sekadar menyelesaikan tugas. Tetapi juga dapat mengembangkan keterampilan baru dan memperoleh pengetahuan, untuk mempersiapkan mereka dengan tanggung jawab di masa depan.
“Delegasi juga bisa menjadi tanda yang jelas bahwa seorang atasan percaya dan menghormati kemampuan bawahannya. Karyawan yang merasa bahwa mereka dipercaya dan dihormati cenderung memiliki tingkat komitmen yang lebih tinggi terhadap pekerjaan dan organisasi mereka.” kata Scott.
Berikut beberapa tips dilansir dari Meister Task, untuk membantu mendelegasikan pekerjaan secara efektif, sehingga tim dapat berbagi beban kerja dan membuat kemajuan yang menguntungkan bagi semua orang.
1. Pilih orang yang tepat untuk pekerjaan itu
Seni Mendelegasikan Pekerjaan (863872)
searchPerbesar
Ilustrasi mendelegasikan pekerjaan. Foto: Pexels
Lihat kemampuan dan kapasitas rekan kerja. Jika perlu mendelegasikan tugas yang membutuhkan banyak kolaborasi untuk diselesaikan, jangan mendelegasikan kepada seseorang yang sangat suka bekerja sendiri. Delegasikan kepada seseorang yang lebih suka berkolaborasi.
ADVERTISEMENT
Atau membiarkan anggota tim memilih tugas yang didelegasikan adalah cara lain untuk membangun kepercayaan dan menginspirasi keterlibatan di antara tim.
2. Jelaskan mengapa kamu mendelegasikan pekerjaan tersebut
“Ketika memilih orang untuk didelegasikan, berita tahu secara khusus alasannya dan bagaimana kamu berharap ini membantu mereka tumbuh. Bantu mereka melihat setiap tugas yang didelegasikan sebagai kesempatan untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab atau mengembangkan keterampilan baru.” kata Alex Cavoulacos, pendiri The Muse.
3. Berikan instruksi yang jelas
Seni Mendelegasikan Pekerjaan (863873)
searchPerbesar
Ilustrasi memberikan instruksi delegasi pekerjaan. Foto: Pexels
Seperti informasi dasar, latar belakang, pencapaian yang diharapkan, hingga bagaimana mengakses dokumen yang dibutuhkan.
4. Menyediakan sumber daya dan pelatihan
Pastikan orang tersebut memiliki alat dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas—atau berikan cara bagi mereka untuk mengerjakan keterampilan tersebut.
ADVERTISEMENT
Misalnya, jika kamu meminta seseorang untuk menggunakan alat tertentu yang belum pernah mereka gunakan sebelumnya untuk menyelesaikan tugas, pastikan ada rencana agar mereka terbiasa dengan alat tersebut terlebih dahulu.
5. Mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang
Tumbuhkan lingkungan dan budaya di mana anggota tim merasa mampu membuat keputusan, mengajukan pertanyaan, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.
6. Periksa pekerjaan dan berikan feedback
Seni Mendelegasikan Pekerjaan (863874)
searchPerbesar
Ilustrasi memberikan feedback. Foto: Pexels
Periksa pekerjaan yang didelegasikan setelah selesai, pastikan mereka melakukannya dengan benar, dan berikan feedback yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuannya saat menangani tugas di masa mendatang
7. Ucapkan terima kasih
Ketika seseorang menyelesaikan tugas atau project yang delegasikan, berikan penghargaan yang tulus dan tunjukkan hal-hal spesifik yang mereka lakukan dengan baik.
ADVERTISEMENT
Saat kamu mencatat hal-hal spesifik tersebut, ini dapat memberikan gambaran kepada mereka tentang apa yang harus terus dilakukan agar lebih berkembang.
Jika kamu mendelegasikan pekerjaan atau tugas dengan baik, maka kamu dapat meningkatkan kepercayaan dan komitmen dalam tim. Meningkatkan produktivitas juga memastikan orang yang tepat melakukan tugas yang paling sesuai untuk mereka.
Jadi jangan takut untuk menyerahkan ‘tongkat estafet’ dengan beberapa latihan untuk menjadi delegator yang lebih baik.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white