Tak Sekadar Hobi, Musik Ikut Menunjang Karier

17 September 2021 12:38
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Alexander Vito, salah satu tim kumparan Entertainment, menemukan kebahagiaannya di musik, kegiatan sehari-harinya tak terlepas dari musik.
Tak Sekadar Hobi, Musik Ikut Menunjang Karier (2095)
searchPerbesar
Alexander Vito, kumparan Entertainment. Foto: kumparan
“Kerja aja sambil dengerin musik, tiap hari dengerin musik. Hidup gue nggak seru kalau tanpa musik.” kata pria yang akrab disapa Vito.
ADVERTISEMENT
Bahkan seringkali hobinya ini membantunya menjadi lebih luwes saat harus mewawancarai musisi, karena memiliki pengetahuan yang cukup di bidang tersebut.
Ia berbagi pengalamannya saat melakukan wawancara dengan salah satu musisi tanah air, Dipha Barus. Musisi yang dikenal sebagai Disjoki (DJ) ini ternyata menyukai musik hardcore, ini terungkap di tengah-tengah obrolan Vito saat mewawancarainya. Obrolan mereka pun semakin seru dan membuat Dipha Barus yang merupakan narasumber Vito saat itu menjadi lebih nyaman. Dan ini hanyalah salah satu dari banyaknya pengalaman Vito.
Bakat yang Terlihat Sejak Kecil
Kecintaan Vito dengan dunia musik sudah ada sejak ia kecil. Di kelas 5 SD orang tuanya sering mendaftarkan Vito mengikuti kompetisi nyanyi untuk mengisi waktu liburan sekolahnya.
Tak Sekadar Hobi, Musik Ikut Menunjang Karier (2096)
searchPerbesar
Vito (foto kedua, barisan depan menggunakan kaus hitam) saat memenangkan salah satu kompetisi nyanyi. Foto: Alexander Vito/kumparan
Kebetulan saat itu ia menghabiskan masa kecilnya di Dubai, tempat orang tuanya bertugas. “Kelas 5 orang tua, khususnya mama gue, tuh, suka ngajak dan daftarin gue ke kompetisi-kompetisi nyanyi di Kedubes atau Mal buat ngisi waktu libur musim panas, kan lama, ya, liburannya. Dan dari situ sering menang ternyata, haha.” cerita Vito.
ADVERTISEMENT
Menyukai Aliran Musik yang Keras
Awalnya hanya mengikuti kehendak orang tua, justru bakatnya berlanjut hingga menjadi hobi.
Tidak lagi menyanyi solo, di bangku SMP Vito mulai bermain band dengan teman-temannya. Bahkan sempat mengikuti kompetisi band nasional, lho. Dan mendapatkan juara dua tingkat DKI Jakarta.
Tak Sekadar Hobi, Musik Ikut Menunjang Karier (2097)
searchPerbesar
Vito saat menerima apresiasi setelah memenangkan lomba band di salah satu stasiun TV nasional. Foto: Alexander Vito/kumparan
Saat bermusik dengan formasi band, rock, metal, dan punk menjadi aliran musik favoritnya.
“Matt Freeman (Rancid) , Nolly Getgood (Periphery), dan Tyler Carter (Issues), mereka yang bikin gue seneng ngeband sampai mengulik musik dari dulu.” tutur Vito.
Meski demikian, Vito juga tidak menutup diri dengan aliran musik lainnya. “Gua masih dengerin musik lain kayak, The Maries, Clairo. Gue juga ciptain lagu dengan genre dream pop, tapi belum pede (percaya diri) buat rilis. Hehe.” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Mengeluarkan Single Baru Saat Pandemi
Saat ini Vito bergabung dengan dua band aktif, The Quarantine, band yang ia bentuk bersama teman-teman di kumparan dan IXIA. Bersama IXIA, Vito baru saja mengeluarkan single baru berjudul Noir.
Tak Sekadar Hobi, Musik Ikut Menunjang Karier (2098)
searchPerbesar
Vito dan bandnya, IXIA. Foto: Alexander Vito/kumparan
Lagu yang bercerita tentang gambaran banyaknya anak muda yang mati karena media sosial ini menjadi karya favorit Vito. Karena di lagu ini ia merasa sangat totalitas dalam proses pembuatannya.
Buat teman-teman yang ingin mendengarkan single barunya Vito bisa langsung klik di sini, ya.
Waktu Senggang untuk Bermusik
Di tengah kesibukan liputannya, hari libur dan malam hari menjadi waktu spesial untuk Vito menjalankan hobi bermusiknya.
Tak Sekadar Hobi, Musik Ikut Menunjang Karier (2099)
searchPerbesar
Vito saat melakukan rekaman bass. Foto: Alexander Vito/kumparan
Tak Sekadar Hobi, Musik Ikut Menunjang Karier (2100)
searchPerbesar
Vito saat melakukan rekaman. Foto: Alexander Vito/kumparan
“Malam selesai kerja main musik, take vokal, bass buat kebutuhan single baru di rumah. Ketemu kalau ada kebutuhan bikin video klip aja.” tutur Vito.
ADVERTISEMENT
Menurut Vito pandemi justru tidak menghentikan hobinya. Banyak teknologi yang sudah bisa digunakan untuk mempermudah proses rekaman di rumah masing-masing.
Jika harus melakukan interaksi secara langsung itupun hanya sekadar pembuatan video klip dan hanya dengan tim inti, agar tetap menaati prokes.
Seru, ya, gaes kalau hobi bisa menunjang pekerjaan kita juga. Ada merasakan hal yang sama dengan Vito?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020