kumparan
7 Juli 2019 17:15

5 Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Paru-paru yang Diidap Sutopo

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada Minggu (7/7). Berpulang ke Yang Maha Kuasa saat tengah menjalani pengobatan melawan kanker paru-paru yang menggerogoti tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang cukup sering terjadi di Indonesia. Sebut saja Dian Pramana Poetra, Dono Warkop DKI, dan Chrisye juga meninggal dunia akibat penyakit ini.
Gaya hidup yang kurang sehat dan perokok--baik aktif maupun pasif--merupakan salah dua hal yang bisa memicu kanker ini. Untuk itu, menerapkan pola hidup yang sehat itu sebuah keharusan untuk bisa mencegah kanker.
Selain itu, mengonsumsi makanan yang dapat mencegah kanker paru-paru seperti yang diidap Sutopo juga perlu. Berikut 5 makanan untuk mencegah kanker paru-paru yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.
1. Sayuran Cruciferous
brokoli pixabay.jpg
Brokoli (Foto: Pixabay)
Brokoli, kembang kol, dan kubis merupakan jenis dari sayuran cruciferous. Sayuran ini memiliki zat indole-3-carbinol yang dapat membersihkan zat karsinogenik--zat penyebab kanker, di dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumi brokoli dan kubis lebih sering dapat menurunkan risiko terjadinya kanker paru-paru sampai 40%.
2. Ikan
ikan salmon pixabay.jpg
Ikan salmon (Foto: Pixabay)
Bukan hanya bagus untuk mencerdaskan otak, ikan juga bisa menjadi pencegah kanker. Itu karena lemak yang terkandung dalam ikan (Omega 3) lebih sehat dibanding lemak daging yang mengandung lemak jenuh.
3. Makanan Berwarna Merah
wortel pixabay.jpg
Wortel (Foto: Pixabay)
Semua makanan yang berwarna merah atau oranye, seperti wortel, cabai, paprika, tomat, dan jeruk mengandung karoten atau yang biasa dikenal sebagai zat antikanker.
Tak hanya mencegah kanker, karoten juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh orang yang mengonsumsinya.
4. Sayuran yang Mengandung Vitamin E
alpukat pixabay.jpg
Alpukat (Foto: Pixabay)
Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan jika mengonsumsi vitamin E dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sampai 20%.
ADVERTISEMENT
5. Sayuran Tinggi Folat
sayur bayam pixabay.jpg
Sayur bayam (Foto: Pixabay)
Bagi kalian yang merupakan perokok aktif atau pasif, mulailah konsumsi sayuran yang kaya akan folat, seperti bayam, kale, dan buncis. Kandungan folat itu mengandung vitamin yang dapat melindungi tubuh dari sel karsinogen penyebab kanker yang ada di tembakau rokok.
Hasil studi dari M.D. Anderson Cancer Center menyebut, risiko penurunan kanker paru-paru yang diderita mantan perokok aktif bila mengonsumsi sayuran ini bisa berkurang sampai 40%. Angka yang cukup besar bukan?
Untuk itu, yuk, mulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi yang juga dapat mencegah kanker. (NS)
Baca lebih banyak berita mengenai berita heboh/berita artis/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
ADVERTISEMENT
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan