kumparan
22 November 2019 20:06

5 Tanda Kamu Mulai Tidak Percaya Diri dalam Hubungan

pexels-photo-1036620.jpeg
Ilustrasi orang insecure (Foto: Pexels)
Semua orang pastinya menginginkan sebuah hubungan yang sehat. Salah satu hubungan yang sehat didasari oleh rasa percaya. Baik kepercayaan terhadap diri sendiri maupun kepercayaan kepada pasangan.
ADVERTISEMENT
Kepercayaan diri yang cukup tidak akan membuatmu mudah merasa rendah diri dalam hubungan. Sementara itu, cobaan dalam sebuah hubungan selalu ada, bahkan bisa saja bertubi-tubi. Ada fase di mana hubungan diwarnai rasa tidak percaya diri.
Kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini. Bisa jadi kamu memang mulai merasa tidak percaya diri dalam sebuah hubungan yang kamu jalani bersama pasangan. Dan, itu cukup berbahaya.
  1. Selalu mengecek ponsel pasangan
hp.jpeg
Foto: Pexels
Apakah kamu kerap mengecek riwayat panggilan dan pesan di ponsel pasangan? Apakah kamu selalu kepo soal siapa saja yang mereka hubungi dalam sehari? Atau setiap kali ponselnya berdering, kamu tidak tahan dan bertanya itu siapa?
Kepercayaan adalah kunci penting dalam hubungan. Untuk menumbuhkannya butuh waktu yang lama. Terus-terusan bertindak ingin tahu segalanya dan tidak memberi ruang kepada pasangan, bisa-bisa itu justru akan merusak hubunganmu kalian.
ADVERTISEMENT
  1. Selalu mengawasi media sosial
portrait-4246954_1920.jpg
Foto: Pixabay
Selalu diam-diam mengawasi media sosialnya juga bagian dari ketidakpercayaan dengan pasangan. Termasuk, mengecek siapa yang ia follow dan siapa saja yang menyukai unggahannya. Bahkan, terkadang ada juga yang sengaja meninggalkan komentar hanya supaya orang-orang tau dia sudah punya pacar.
Padahal, itu sebenarnya justru menunjukkan kamu mulai tidak percaya diri dalam hubungan.
  1. Mencari masalah untuk mendapatkan perhatian
heartsickness-lover-s-grief-lovesickness-coupe-50592.jpeg
Foto: Pexels
Begitu merasa perhatian pasangan sudah teralih darimu, kamu memulai sebuah drama. Saking tidak percaya diri, kamu akan mencari cara lain supaya pasangan kembali memperhatikanmu. Hal seperti ini bisa membuat emosi pasangan sangat terkuras, lho. Bahkan, juga berefek buruk terhadap hubungan kalian.
  1. Menghindari tatap muka
pexels-photo-367273.jpeg
Foto: Pexels
Setelah mencari-cari masalah, kamu malah bersembunyi di balik layar ponsel sambil mengirimkan pesan panjang, berbelit-belit, dan merasa seolah sebagai korban. Hal ini dilakukan agar pacar merasa bersalah dan lebih menghargai kamu.
ADVERTISEMENT
Kamu perlu berhati-hati saat mulai cenderung menghindari tatap muka. Sebab, dari awal tujuan kamu memancing masalah hanya agar tahu pacarmu tetap berhubungan denganmu. Sementara itu, bertatap muka menjadi jalan yang lebih efektif untuk meluruskan kesalahpahaman untuk menyelesaikan konflik.
  1. Selalu merasa sebagai pusat hubungan
pexels-photo-984954.jpeg
Foto: Pexels
Kamu hanya peduli tentang dirimu sendiri. Selalu merasa kurang dengan apa yang diberikan pasangan. Kamu juga memikirkan apa yang selama ini sudah kamu lakukan untuk pasangan. Setiap ada masalah, kamu juga selalu merasa sebagai orang yang tersakiti.
Itulah beberapa tanda yang kamu waspadai saat menjalin hubungan dengan pasangan. Jika salah satunya tengah kamu alami saat ini, bisa jadi kamu mulai tidak percaya diri dalam hubungan.
(wnd)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan