kumparan
KONTEN PENGGUNA
15 Agustus 2019 14:22

7 Tips Berjalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

les-anderson-woVoM7dKGTk-unsplash.jpg
Foto: Unsplash/Les Anderson.
Jika kamu sedang mencari cara untuk menurunkan bobot tubuh namun tidak memiliki banyak waktu untuk mengikuti kelas olahraga, maka berjalan kaki bisa jadi solusinya. Semua orang memang sudah belajar cara berjalan kaki sejak kecil, namun tidak semua mengerti cara berjalan kaki agar tubuh bugar.
ADVERTISEMENT
Meski terdengar sepele, kebiasaan berjalan kaki mampu memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan metabolisme, hingga menurunkan bobot tubuh. Berikut beberapa tips agar kegiatan berjalan kakimu sehari-hari bisa menjadi cara mudah untuk menurunkan berat badan.
1. Perbanyak jumlah langkah dalam sehari
gif by Giphy
Berjalan kaki sangat baik untuk menjaga tubuh tetap bugar. Coba lakukan jalan kaki minimal 20 menit per hari. Lakukan jalan santai setelah makan siang untuk mengontrol gula darah dan meningkatkan metabolisme. Parkir kendaraanmu di tempat terjauh, agar kamu punya alasan untuk berjalan kaki.
Kamu juga bisa mulai mengurangi pemakaian kendaraan bermotor jika jarak tujuanmu masih bisa ditempuh dengan berjalan. Berjalan kaki dalam waktu singkat juga bisa membantu menurunkan rasa frustasi dan stres setelah beraktivitas. Selain mengembalikan mood, berjalan kaki juga membakar kalori. Kalau bisa, gunakan tangga dan hindari lift.
ADVERTISEMENT
2. Tambah kecepatan berjalan
gif by Giphy
Meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki juga bisa meningkatkan detak jantung dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Setiap lima menit berjalan, kombinasikan dengan 30 detik jalan cepat, namun tidak secepat joging. Setelahnya, coba berjalan pelan selama 30 detik, kemudian kembali ke kecepatan normal.
3. Berjalan menanjak
gif by Giphy
Berjalan menanjak seperti di jalur pendakian juga sangat efektif membakar kalori dan meningkatkan masa otot tubuh bagian bawah. Jika kamu kesulitan untuk pergi mencari tempat mendaki, naik turun tangga juga bisa menjadi solusi.
4. Ayunkan tanganmu
gif by Giphy
Kedengarannya konyol, tapi mengayunkan tangan saat berjalan memiliki manfaat. Mengayunkan tangan bisa membantu mempercepat jalan kaki, membakar 10 persen lebih banyak kalori, hingga membentuk otot tubuh bagian atas. Pastikan tangan berayun ke depan dan ke belakang hingga 90 derajat atau semampu kelenturan tubuhmu.
ADVERTISEMENT
5. Buat target
gif by Giphy
Membuat target sangat penting untuk terus termotivasi. Buat target berapa langkah yang harus kamu jalani setiap harinya. Terus tambah jumlah langkah setiap hari sebagai tantangan. Jika ingin menurunkan bobot tubuh, buat target 10 ribu langkah setiap hari dan terus tingkatkan di hari-hari selanjutnya.
6. Pastikan konsumsi kalori seimbang
gif by Giphy
Berjalan sangat baik untuk memperkuat tulang dan otot, meningkatkan kesehatan, hingga menghilangkan stres. Namun untuk menurunkan berat badan dengan berjalan kaki, mengontrol kalori yang masuk ke tubuh juga harus dilakukan. Pastikan tubuh mengonsumsi cukup protein dan sayur-sayuran. Kurangi gula dan makanan yang terlalu banyak diolah.
7. Tambahkan latihan ringan saat berjalan
gif by Giphy
ADVERTISEMENT
Ketika berjalan kaki, coba kombinasikan dengan push-up, squats, lunges, maupun planks. Lakukan ini setiap tiga kali sepekan selama lima menit, maka metabolisme tubuh akan meningkat dan bobot tubuh berangsur berkurang.
(rin)
Baca lebih banyak berita mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan