Pencarian populer
USER STORY

Malas? 5 Cara ini akan Meningkatkan Produktivitas Kamu

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat dan tepat adalah harapan semua orang. Ada beberapa faktor yang dapat menentukan tingkat produktivitas seseorang, mulai dari suasana hati, tingkat fokus, hingga manajemen waktu yang baik.
ADVERTISEMENT
Namun terkadang, hampir semua orang akan mengalami waktu di mana ia merasa malas mengerjakan sesuatu, karena tiga faktor tersebut. Nah, jika kamu sedang dalam masa tingkat produktivitas menurun, berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan.
  1. Rencanakan harimu
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Tanamkan sugesti bahwa merencanakan hari yang akan dijalani merupakan sesuatu yang penting. Jadwalkan jam berapa harus bangun tidur, sarapan, olahraga, mandi dan semacamnya.
Dengan menciptakan gol-gol kecil, kamu akan melihat gol utama-mu semakin mudah dicapai. Gol harian yang telah dilakukan tersebut akan membuat kamu tetap berada di jalan menuju tujuan utama.
Selain itu, memiliki rencana harian akan membantu meningkatkan produktivitas. Kamu juga akan terbiasa menyusun dan menjalankan rencana, hingga mencapai tujuan tersebut.
ADVERTISEMENT
  1. Membuat rutinitas
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Tidak melulu menciptakan kebosanan, rutinitas ternyata juga dapat membantu meningkatkan produktivitas. Rutinitas akan membiasakan diri kita mematuhi waktu, sehingga manajemen waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan akan jelas dan dapat diperkirakan.
Kamu juga harus selalu konsisten dengan rutinitas tersebut. Semakin kamu membiasakan diri dengan siklus tertentu, akan semakin mudah bagimu untuk menyelesaikan pekerjaan.
  1. Perhatikan skala prioritas
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Dengan mengetahui pekerjaan mana yang lebih penting untuk diselesaikan terlebih dahulu, kamu akan menghindari penumpukan pekerjaan dalam satu waktu. Karena dengan memprioritaskan pekerjaan yang penting terlebih dahulu, pekerjaan setelahnya akan terasa lebih ringan.
Selain baik untuk manajemen diri, memiliki skala prioritas akan menciptakan kepuasan terhadap diri sendiri karena sudah berhasil menyelesaikan pekerjaan yang paling penting.
ADVERTISEMENT
  1. Istirahat
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Percaya atau tidak, beristirahat ternyata dapat meningkatkan produktivitas. Rasa stres pun sejenak hilang. Disela-sela pekerjaan yang berat, mengambil istirahat akan mengembalikan fokus otak. Pikiran juga semakin jernih dalam menghadapi masalah.
Setelah merasa penat karena pekerjaan, kamu bisa manfaatkan waktu istirahat untuk jalan selama lima menit, membuat teh, hingga membasuh muka, atau apa saja yang dapat mengalihkan pikiran sementara dari pekerjaan.
  1. Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Masih banyak orang yang tidak sadar akan pentingnya kesehatan pikiran dan tubuh. Menjaga kesehatan fisik merupakan hal yang sangat vital dalam meningkatkan produktivitas.
Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan pola makan seimbang, selalu berolahraga minimal 3 hari dalam seminggu, dan selalu minum air yang cukup. Selain itu, memperhatikan pola tidur juga dapat mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang.
ADVERTISEMENT
Dengan tidur yang nyenyak dan cukup, pola pikir seseorang semakin menajam, hingga semakin siap untuk menghadapi pekerjaan selanjutnya.
(Ang)
Baca lebih banyak berita mengenai artis/seleb/sepak bola/info unik lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85