Pencarian populer
USER STORY

Tips Mudah Berburu Beasiswa ke Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa ke luar negeri butuh beberapa cara khusus. (foto: Unsplash)
Menempuh pendidikan di kampus bergengsi di luar negeri merupakan impian banyak orang. Apalagi jika perkuliahan dibiayai oleh beasiswa. Biaya kuliah yang mahal tak lagi jadi beban.
ADVERTISEMENT
Tiap tahunnya banyak pelajar dan masyarakat umum mendaftarkan diri pada beasiswa yang menjanjikan biaya kuliah di luar negeri. Sebenarnya banyak lho lembaga penyedia beasiswa mulai dari tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi.
Namun persaingan yang ketat membuat sebagian orang menyerah saat gagal mendaftar ke beasiswa yang diinginkan. Padahal memburu beasiswa ke luar negeri butuh semangat dan usaha yang yang tanpa henti.
Ada beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan saat berburu beasiswa. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tidak malu dan ragu untuk bertanya. Banyak sekali orang yang gagal meraih cita-cita mendapatkan beasiswa hanya karena ragu dan malu untuk bertanya.
(foto: Unsplash)
Jangan segan untuk bertanya kepada orang yang pernah berhasil menerima beasiswa yang kamu impikan. Dijamin, jika kamu bertanya dengan penuh kesungguhan, mereka pasti dengan senang hati menjawab pertanyaanmu seputar tips dan trik mengajukan beasiswa.
ADVERTISEMENT
Informasi seputar beasiswa juga bisa kamu tanyakan ke lembaga-lembaga pendidikan. Kerahkan segala kemampuan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai persyaratan hingga cara pendaftaran.
Cara lainnya adalah rajin-rajin mendatangi pameran pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan biasanya secara berkala melakukan pameran beasiswa di berbagai kota. Sekali lagi, jangan ragu untuk bertanya segala informasi mengenai beasiswa yang kamu minati.
(foto: Unsplash)
Hal yang harus kamu perhatikan yaitu sesuaikan beasiswa serta lembaga pendidikan yang dituju dengan minat dan bakatmu. Masing-masing beasiswa biasanya memiliki tujuan dan persyaratan tersendiri. Jika kamu memiliki minat dan bakat di bidang seni, maka daftarlah ke beasiswa yang mendukung bidang tersebut, begitu pula jika kamu memiliki minat bakat di bidang sains-teknologi (saintek), ekonomi, politik, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Saat sudah menentukan beasiswa dan lembaga pendidikan yang dituju. Mulailah mendisiplinkan waktumu. Persiapkan segala persyaratan tanpa menunda-nunda waktu. Salah satu tips yang seringkali disebutkan oleh para penerima beasiswa adalah kirimkan berkas persyaratan beasiswamu di awal waktu, jangan tunggu deadline.
Dengan mengirimkan dokumen pendaftaran di awal waktu, panitia seleksi beasiswa juga masih memiliki banyak waktu untuk fokus membaca berkas lamaranmu. Selain itu kamu juga terlihat bersungguh-sungguh ingin mendapatkan beasiswa tersebut.
Jangan lupa susun daftar pencapaian dan prestasimu dengan lengkap. Sangat penting juga untuk tidak hanya mendaftar ke satu tempat. Semakin banyak beasiswa yang kamu daftarkan semakin besar peluangmu mendapatkannya. Jangan patah semangat jika mendapat penolakan.
(foto: Unsplash)
Kelola media sosialmu dengan baik. Di zaman yang serba canggih dengan hadirnya internet seperti sekarang, setiap lembaga beasiswa pasti meminta alamat media sosialmu. Para pelamar harus menyadari bahwa apa yang ditampilkan dalam media sosial merupakan cerminan diri.
ADVERTISEMENT
Jangan sampai pihak lembaga beasiswa merasa kamu tidak layak hanya karena beberapa unggahan di media sosialmu. Pastikan kamu selalu meng-update segala prestasi dan kegiatan sosialmu. Hindari mengunggah konten-konten yang bersifat terlalu pribadi, maupun unggahan yang bersifat negatif lainnya.
Tips terakhir yang paling terpenting adalah mulailah dari sekarang. Jangan lagi menunda jika kamu memang ingin menggapai cita-citamu untuk menerima beasiswa pendidikan di luar negeri. Cari informasi sebanyak-banyaknya, disiplinkan diri, dan banyak berdoa. Selamat mencoba ya!
(rin)
Baca lebih banyak berita mengenai artis/seleb/sepak bola/info unik lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80