Inovasi Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Melalui Program KKN

Mahasiswa Arsitektur Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Konten dari Pengguna
15 Juni 2022 18:31
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Lilla Ning Cahya tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Surabaya, 06 Mei 2022--KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan harapan mahasiswa dapat mengatasi suatu masalah dan memberikan solusi. Tujuan dari KKN yaitu untuk membantu masyarakat melalui program kerja yang telah direncanakan oleh mahasiswa dan juga dosen tanpa mengharapkan imbalan apapun. KKN bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tidak terkecuali pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya. Universitas 17 Agustus atau dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih ini menyelenggarakan Kegiatan KKN setiap tahun. Tema yang diusung kali ini yaitu "Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan Di Era Endemi". Kegiatan KKN yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa UNTAG Surabaya, Lilla Ning Cahya ini dilaksanakan secara mandiri dilingkungan domisili masing-masing. Hal tersebut merupakan kebijakan dan instruksi yang sudah ditetapkan oleh UNTAG Surabaya sehingga KKN bisa tetap berjalan di masa Endemi seperti sekarang ini. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 12 hari dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu bapak Febby Rahmatullah Masruchin, S.T., M.T. selaku dosen di UNTAG Surabaya.
Membantu mitra KKN dalam membuatkan akun sosmed (Instagram) dan design sablon nasi kotak. Sumber Dokumentasi: Dokumen Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Membantu mitra KKN dalam membuatkan akun sosmed (Instagram) dan design sablon nasi kotak. Sumber Dokumentasi: Dokumen Pribadi
Topik yang diambil oleh Lilla ini yaitu kegiatan kewirausahaan khususnya UMKM. Sasaran UMKM yang Lilla ambil yaitu UMKM Ira Catering milik Ibu Suprianti. UMKM Ira Catering ini bertempat tidak jauh dari kediaman Lilla, yaitu di wilayah Putat Jaya, Kec. Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama KKN yaitu berhubungan dengan perkembangan dan upaya dalam meningkatkan penjualan. Upaya tersebut diantaranya dengan memanfaatkan sosial media khususnya Instagram dalam meningkatkan penjualan produk agar produk dapat semakin dikenal di kalangan masyarakat yang lebih luas. Selain itu, kegiatan lain yang diakukan yaitu membuat design sablon kardus nasi kotak, kartu nama, stiker dan banner. Hal ini dilakukan dengan harapan, melalui kegiatan yang dilaksanakan dalam KKN dapat membantu meningkatkan penjualan suatu produk dan perkembangan dalam UMKM tersebut.
Membantu mitra KKN dan karyawannya dalam menyiapkan masakan pesanan nasi kotak. Sumber Dokumentasi: Dokumen Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Membantu mitra KKN dan karyawannya dalam menyiapkan masakan pesanan nasi kotak. Sumber Dokumentasi: Dokumen Pribadi
Dengan mengangkat tema “Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial dan Membantu Branding Produk Pada UMKM Makanan Kotak dan Catering Rumahan”. Mahasiswa membantu pelaku UMKM selaku mitra yaitu “Ira Catering” untuk dibantu dalam meningkatkan pemasaran melalui media sosial khususnya instagram. Mengingat diera digital saat ini, pelaku usaha harus memanfaatkan media sosial dalam hal promosi dan tentunya meningkatkan citra dari produk tersebut. Lilla Ning Cahya, sebagai mahasiswa yang menjalankan program KKN ini, mengemas kegiatan dengan membantu memberikan tips dalam foto produk agar menarik, membuakan design sablon produk untuk ditempel dikotak makanan, memberikan bantuan berupa cetak kartu nama, stiker, banner dan pembelian kain hias untuk meja prasmanan. Untuk banner dapat dipasang di depan rumah mitra KKN sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa mitra KKN memiliki usaha tersebut.
Penyerahan hasil print-out kartu nama UMKM Ira Catering kepada mitra KKN. Sumber Dokumentasi: Dokumen Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Penyerahan hasil print-out kartu nama UMKM Ira Catering kepada mitra KKN. Sumber Dokumentasi: Dokumen Pribadi
“Melihat mitra KKN selama ini tidak memiliki design dan info kontak pada kemaasan kotak makanannya, saya berinisiatif untuk membantu membuatkan design sablon info pemesanan nasi kotak agar semakin banyak orang mengenal UMKM Ira Catering” tutur Lilla. Setelah menjalankan program KKN selama 12 hari, ia berharap agar hal-hal yang pernah diberikan seperti tips dalam foto produk, promosi melalui instagram dapat terus diterapkan oleh Ibu Suprianti selaku mitra KKN pemilik UMKM "Ira Catering". Selain itu, pemilik mitra juga sangat berkesan dengan adanya program KKN ini "Terima kasih mbak Lilla, dengan adanya program KKN Untag Surabaya ini saya merasa sangat terbantu dengan promosi produk dari UMKM Ira Catering." Tutur Ibu Suprianti selaku mitra KKN.
ADVERTISEMENT
#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten
Penulis : Lilla Ning Cahya