kumplus- Cover story fiksi Linda Christanty-Alasan Penundaan

Alasan-Alasan Penundaan

Linda Christanty menulis reportase, cerita pendek, dan esai. Karya-karyanya telah mendapatkan banyak penghargaan, termasuk SEA Write Award dari Thailand.
23 Mei 2021 12:50
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tidak semua persiapan penelitiannya berjalan lancar. Karina membatalkan sementara waktu penelusuran terhadap tirau atau manusia yang berjalan secepat angin di Jambi, karena bahan-bahan awal yang diperolehnya kurang meyakinkan. Ia tidak mempunyai kesempatan mewawancarai Kakek Uli untuk menggali keterangan lebih detail tentang makhluk tersebut, karena yang bersangkutan sudah lama meninggal. Kakek Uli merupakan satu-satunya orang yang pernah bertemu langsung dengan tirau. Kisah-kisah orang lain tentang tirau lebih pantas disebut dongeng dan diselimuti aroma mistik yang tajam, sedangkan ia membutuhkan fakta.
Penelitian Karina tentang orang Moro pun akan tertunda. Kepala suku di Jailolo yang dulu bekerja sebagai guru sekolah menengah pernah meminta bantuan orang Moro menyembuhkan murid-muridnya yang kesurupan, tetapi ia tidak tahu di mana letak kampung-kampung orang Moro. Ia memanggil orang Moro dengan membatin. Ia juga sangsi orang Moro bersedia diwawancarai. “Setahu saya mereka tidak mengeluarkan suara seperti kita, Bu,” ujar kepala suku.
Meski sudah meminta bantuan Helmut, rekannya di Berlin, Karina merasa kesempatan untuk menghubungi Olaf Schummann pun masih tertutup. Olaf adalah Islamolog yang sempat mengajar di Indonesia sebelum akhirnya pulang ke Jerman. Ia pernah bertemu dengan orang Moro.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanplus
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanplus
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparanplus
Orang bisa hilang karena apa saja: penculikan, kesaktian, atau sebagai cara untuk bertahan. Tema ini dijelajahi oleh Linda Christanty, salah satu penulis terbaik Indonesia, dalam kumpulan cerita terbarunya. Hanya di kumparan+
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten