Serah Terima Aplikasi Inventaris di Perumdam Tirta Bengkayang

Aktif sebagai Konsultan IT dan Dosen Tetap di Institut Shanti Bhuana
Konten dari Pengguna
12 Oktober 2021 17:05
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Listra Horhoruw tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Serah Terima Aplikasi Inventaris di Perumdam Tirta Bengkayang (110869)
zoom-in-whitePerbesar
Perwakilan Dosen TI Institut Shanti Bhuana serah terima Aplikasi Inventaris bersama Direktur Perumdam Tirta Bengkayang. shantibhuana.ac.id
ADVERTISEMENT
Bengkayang, ISB – Dalam rangka membangun Literasi Digital bagi masyarakat Bengkayang, Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) Institut Shanti Bhuana (ISB) yang diwakilkan oleh mahasiswa bernama Rezza Pana Kontesta yaitu Mahasiswa Teknologi Informasi Sekaligus Ketua Inkubator, yang dipercayai untuk membuat Aplikasi Inventaris di Perumdam Tirta Bengkayang, dengan bimbingan kedua dosen Teknologi Informasi yakni Azriel Christian Nurcahyo, S.Kom., M.Kom. dan Listra Firgia, S.Kom., M.Kom.
ADVERTISEMENT
Membuat dan merancang sistem berbasis teknologi website perlu berlatih setiap harinya dalam mengerjakan sebuah sistem. Dari hal inilah antasusias mahasiswa Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana tetap semangat dalam mengerjakan Aplikasi Inventaris untuk membantu karyawan Perumdam Tirta Bengkayang dalam mengelola sistem inventaris, aplikasi berbasis website ini merupakan program Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) pertama Angkatan tahun 2020/2021.
Literasi digital perlu diterapkan baik di kampus maupun diluar kampus karena teknologi moderen pada saat ini sudah sangat trend atau sudah banyak dijumpai dimana-mana, contohnya smartphone dan komputer, hal ini sangat mudah dijumpai bahkan sudah dimiliki perorangan, komputer merupakan suatu alat pengolah data yang dapat membantu manusia untuk melakukan perkerjaannya baik diberbagai sektor perkantoran maupun lainnya, maka hal inilah yang mendorong Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi ISB membangun sebuah aplikasi inventaris sebagai awal dalam mengimplementasikan sistem.
ADVERTISEMENT
Aplikasi inventaris berbasis website yang dikembangkan mahasiswa semester III ini pada dasarnya berguna untuk menambahkan, mengedit, menghapus, dan menyimpan data barang baik secara daring atau hanya bisa diakses dengan menggunakan internet.
Beberapa hal keuntungan penggunaan aplikasi ini dibandingkan dengan pendataan secara manual yaitu tidak terjadinya masalah seperti: kerusakan fisik yang diakibatkan rayap, pencurian data fisik, dan penyalahgunaan surat-surat rahasia, maka dengan adanya aplikasi ini juga sangat membantu hal-hal permasalahan tersebut.
Selaku Ketua Inkubator HMTI Institut Shanti Bhuana, Rezza Pana Konstesta berharap aplikasi ini akan dapat berguna untuk pihak Perumdam Tirta Bengkayang agar memudahkan dalam menyimpan data-data secara Cloud Hosting dengan beberapa penambahan yang telah diterapkan yaitu printing barcode agar dapat mempermudah karyawan membaca data barang dan memberi nomor data secara fisik dengan barcode yang telah disediakan.
ADVERTISEMENT

Aplikasi inventaris ini kedepannya akan terus dilakukan pengembangan, lanjut Rezza

Serah Terima Aplikasi Inventaris di Perumdam Tirta Bengkayang (110870)
zoom-in-whitePerbesar
Serah terima Aplikasi Inventaris bersama Direktur Perumdam Tirta Bengkayang.
Adanya aplikasi inventaris berbasis website di perumdam Tirta Bengkayang merupakan suatu terobosan baru bagi mahasiswa Teknologi Informasi khususnya dalam mengembangkan kemampuan dari segi pemrograman maupun jaringan komputer. HMTI ISB beserta para dosen Teknologi Informasi ikut serta memajukan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek tata kelola di Kabupaten Bengkayang.
Pihak HMTI ISB kedepanya akan terus melakukan inovasi dalam membantu masyarakat Bengkayang, terutama terkait pemanfaatan teknologi digital. Serah terima aplikasi inventaris ini juga telah dihadiri dari beberapa pihak yakni :
  1. Wardi S,Si. (Direktur Perumdam Tirta Bengkayang)
  2. Stefanus Efriadi Rizky S. (Kasi Gudang dan Logistik Perumdam Tirta Bengkayang)
  3. Titi Oktaviani (Kasi Personalia Perumdam Tirta Bengkayang)
  4. Markus Joni (Kasi Humas Perumdam Tirta Bengkayang)
  5. Azriel Christian Nurcahyo,S.Kom., M.Kom (Kaprodi TI)
  6. Listra Firgia, S.Kom., M.Kom (Dosen TI)
  7. Rezza Pana Kontesta (Ketua Incubator HMTI )
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020