• 2

5 Skandal yang Melibatkan Uskup dari Seluruh Dunia

5 Skandal yang Melibatkan Uskup dari Seluruh Dunia


Ilustrasi Hubertus Leteng

Ilustrasi Hubertus Leteng (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)
Kasus yang menjerat Uskup Indonesia bernama Hubertus Leteng menggemparkan publik.
Pasalnya, ia diduga terlibat dalam penggelapan uang sebesar 124ribu dolar AS atau sekitar 1,6 miliar hingga dikabarkan memiliki wanita simpanan. Tak hanya media tanah air, kasus ini juga menyita perhatian media asing seperti Prancis AFP dan Associated Press.
Ternyata persoalan yang menyeret Uskup Hubertus Leteng ini bukanlah yang pertama kalinya, di seluruh dunia ada lima kasus serupa yang juga melibatkan uskup.
Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum lima kasus yang melibatkan uskup dari seluruh dunia.
1. Irlandia

Tembok Belfast

Tembok konflik komunal di Belfast, Irlandia Utara (Foto: Wikimedia Commons)
John Magge (81), Uskup asal Irlandia ini mengundurkan diri pada Maret 2009 lalu setelah terlibat skandal pelecehan seksual dan penganiayaan terhadap anak-anak.
Setelah dinyatakan bersalah, dirinya memberikan pernyataan maaf atas perbuatannya kepada korban penganiayaan.
2. Amerika

Ilustrasi Bendera Amerika Serikat

Ilustrasi bendera Amerika Serikat (Foto: Pixabay)
Pada Juni 2015, Paus Fransiskus menerima laporan pengunduran diri dua Uskup asal Amerika setelah seorang jaksa Minnesota mengajukan tuntutan pidana terhadap keuskupan mereka karena gagal melindungi anak-anak dari pendeta yang melakukan kekerasan seksual.
Dikutip dari Reuters, dua Uskup tersebut ialah Uskup Agung John Nienstedt dari Saint Paul dan Minneapolis bersama salah satu deputinya, Uskup Lee Piche, mengundurkan diri dari hubungan mereka dengan Curtis Wehmeyer setelah terlibat dalam kasus kekerasan seksual tersebut.
3. Belgia

Bendera Belgia

Bendera Belgia (Foto: REUTERS/Yves Herman)
Uskup dari Belgia, Roger Vangheluwe (80), mengundurkan diri setelah mengaku melakukan kekerasan seksual terhadap seorang anak laki-laki di awal kariernya.
BBC melansir, dinyatakan oleh Vatikan menyebutkan peristiwa memilukan itu terjadi ketika ia menjadi seorang pendeta yang kemudian berlanjut setelah menjadi Uskup.
4. Austria

Austria

Austria. (Foto: Thinkstock)
Tahun 2004 tersebar lebih dari 40 ribu foto-foto pendeta Kurt Krenn tengah meraba-raba tubuh siswanya hingga akhirnya skandal pelecehan seksual itu terungkap.
Seperti yang diberitakan oleh BBC Uskup berusia (81) tahun ini lantas mengundurkan diri dari Gereja Katolik. Kepada media Der Standard, dirinya mengiyakan pengunduruan diri itu, " Ya, saya telah mengundurkan diri sebagai Uskup dari St Poelten," tuturnya.
Peristiwa ini mengejutkan Austria sekaligus membuat malu gereja yang menaungi Uskup Kurt Krenn.
5. Spanyol

Spanyol

Spanyol (Foto: Pixabay)
Pengadilan Kota Granada, Spanyol, menjatuhkan dakwaan terhadap 10 pastor Katolik dan dua pekerja gereja atas kasus pelecehan seksual terdahap 4 remaja tahun 2004 hingga 2007 lalu.
Dikutip dari BBC, karena kasus tersebut Paus Fransiskus menghubungi salah satu korban pada November 2015 lalu untuk meminta maaf atas peristiwa memilkukan itu.


NewsAgamaVatikanViralHubertus Leteng

500

Baca Lainnya