Kedepankan Pelayanan Prima, Lapas Rutinkan Kunjungan Tatap Muka WBP

Humas di Lapas Kelas I Semarang
Konten dari Pengguna
20 September 2023 11:38
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Lapas Kelas I Semarang tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Petugas Lapas sendang memeriksa makanan bawaan pengunjung warga binaan, Selasa (19/09) - Dok Humas Lapas
ADVERTISEMENT
SEMARANG, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang rutinkan jadwal kunjungan tatap muka bagi keluarga yang ingin menjenguk Warga Binaan, Selasa (19/09).
ADVERTISEMENT
Kepala Lapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menjelaskan bahwa kunjungan tatap muka atau besukan merujuk pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 Tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka Dan Pembinaan Yang Melibatkan Pihak Luar.
"Pelaksanaan kunjungan tatap muka bagi Warga Binaan sudah menjadi rutinitas yang terjadwal di Lapas Kelas I Semarang ini. Rindu yang menyelimuti hati bisa obati dengan bertemu sanak keluarga secara langsung bertatap muka. Hari ini tercatat ada 149 Warga Binaan yang dikunjungi oleh keluarga mereka," ujar Tri Saptono.
Adapun mekanisme kunjungan diawali dengan melakukan pendaftaran di loket layanan kunjungan guna mendapatkan formulir kunjungan. Selanjutnya, pengunjung diminta untuk menitipkan barang-barang berharga termasuk ponsel, dompet, dan tas. Senjata tajam, narkoba, maupun alat komunikasi juga tidak boleh dibawa masuk saat kunjungan.
ADVERTISEMENT
Kemudian, pengunjung yang membawa barang berupa makanan akan diperiksa barang bawaannya oleh petugas sebagai salah satu langkah deteksi dini gangguan kamtib yang berpeluang terjadi lewat layanan kunjungan. Setelah itu, baik laki-laki maupun perempuan akan dilakukan pemeriksaan badan oleh petugas. Tidak lupa petugas memberikan cap tinta dan cap sinar UV pada tangan semua pengunjung. Barulah para pengunjung keluarga warga binaan diperkenankan untuk masuk area steril tepatnya di Aula Kunjungan Lapas Kelas I Semarang.
Tri Saptono menyampaikan bahwa waktu kunjungan itu dapat dilakukan setiap Selasa untuk blok A, B, C, dan D Kamis untuk blok E, F, dan G sedangkan Sabtu untuk blok H, I, J dan L pada pukul 08.30-10.30 WIB untuk pendaftarannya dan pukul 08.30 WIB-11.30 WIB untuk waktu kunjungan bertemu keluarga.
ADVERTISEMENT
Layanan kunjungan secara tatap muka dilaksanakan secara terbatas dengan beberapa ketentuan, diantaranya pengunjung merupakan keluarga inti dari Warga Binaan. Penasihat hukum dibuktikan dengan surat kuasa, perwakilan kedutaan besar khusus untuk Warga Binaan berkewarganegaraan asing.
editor-avatar-0