• 2

7 Cara yang Bisa Dilakukan Ayah dalam Menjalin Ikatan dengan Buah Hati

7 Cara yang Bisa Dilakukan Ayah dalam Menjalin Ikatan dengan Buah Hati


IKATAN AYAH ANAK

Jalinan ikatan ayah dan anak. (Foto: Instagram @glennalinskie)
Dibandingkan ayah, ibu memang mempunyai peran yang lebih besar dalam mengurus buah hati, terutama pada anak yang baru lahir. Mulai dari memberikan ASI eksklusif, mengganti popok, menidurkan, hingga menggendongnya saat mulai menangis.
Hal ini karena di awal masa kehidupan, bayi akan lebih mengenal sentuhan sang ibu dibandingkan dengan ayah. Dan umumnya, bayi cenderung akan menangis saat mulai digendong oleh ayah.
Namun, meskipun demikian, bukan berarti seorang ayah tidak bisa melakukan hal yang biasa dilakukan oleh istri mereka. Para ayah tak perlu khawatir jika ikatan dengan buah hatinya tidak terjalin dengan baik.
Ada hal-hal yang bisa dilakukan para ayah demi meningkatkan jalinan kasih dengan buah hati mereka. Apa saja?
1. Sering Menggedongnya
Hal yang membuat bayi lebih mengenal sentuhan sang ibu adalah karena terbiasa melakukan kontak fisik saat menyusui. Dekapan ibu akan membuat bayi selalu merasa nyaman.
Untuk mulai membangun ikatan dengan anak, ayah bisa mencoba menggendong dengan cara dekapan yang sama seperti apa yang biasa dilakukan oleh istri mereka. Menatap mata anak juga bisa menjadi cara ampuh dalam membangun ikatan dengan buah hati.
2. Mengurus Anak di Malam Hari
Untuk mempererat ikatan dengan anak, Anda bisa bergantian mengurus buah hati bersama sang istri di malam hari. Biasanya, bayi yang baru lahir akan sering menangis pada tengah malam.
Tak perlu membangunkan istri, karena hal yang perlu Anda lakukan adalah menggendongnya dan mencoba menenangkannya dengan cara memberikan ASI. Pastikan untuk selalu menyediakan botol ASI di dalam lemari pendingin agar Anda bisa dengan mudah memberikannya saat ia sedang menangis.
3. Bernyanyi untuk Buah Hati
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tangisan bayi Anda mereda. Salah satu caranya adalah dengan bernyanyi untuknya.
Pemilihan lag yang tepat akan menentukan apakan ia akan berhenti menangis atau tuidak. Tak lupa untuk menggendong bayi Anda sambil berjalan kesana-kemari atau letakkan pada sebuah bouncer agar merasa lebih tenang.
4. Memijat Bayi
Memang ada syarat tertentu bagi orangtua yang ingin memijat buah hatinya. Tak boleh sembarangan, karena tekanan yang diberikan kepada bayi akan berdampak pada perkembangan ototnya.
Namun, jika Anda sudah mempelajari teknik babby massage atau pemijatan bayi yang baik dan benar, maka Anda bisa menggantikan istri untuk memijat sang buah hati. Sentuhan yang diberikan pada saat memijat akan mempererat jalinan ikatan antara ayah dan anak.
5. Sering Mengajak Bayi Bermain
Luangkan waktu sebentar untuk bermain dengan buah hati. Bayi yang sudah berumur satu bulan tentu sudah bisa Anda ajak bermain dengan benda-benda yang ramah bagi anak.
Jadikanlah momen ini sebagai rutinitas harian yang bisa membuat Anda dan buah hati semakin dekat. Dengan cara ini, bayi juga akan merasa nyaman saat berada di dekat Anda.
6. Mengganti Popok
Mungkin kegiatan ini lebih sering dilakukan oleh para ibu. Namun tak ada salahnya jika Anda yang melakukan hal yang sama, bukan?
Mengganti popok tentu bukanlah hal yang sulit, karena Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru sambil membersihkan area bokong dan organ genital bayi. Meski terkadang hal ini sering menimbulkan bau tak sedap, namun Anda tetap harus mengajak ia mengobrol serta menghiburnya agar terjalin sebuah interaksi antara ayah dan anak.
7. Meninabobokan Bayi
Jika Anda sudah mulai terbiasa dalam menggendong bayi dan telah mampu membuatnya tidak menangis, maka langkah selanjutnya adalah dengan meninabobokannya. Buatlah bayi tertidur, baik dengan cara bernyanyi untuknya atau memeberikan botol ASI kepadanya. Lakukan hal ini setiap malam agar Anda bisa mempererat jalinan ikatan dengan buah hati.

LifestyleParentingAyahAyah MudaAnak

500

Baca Lainnya