• 1

Demi Diet Sukses, Santap 7 Makanan Ini Sesuai Waktunya

Demi Diet Sukses, Santap 7 Makanan Ini Sesuai Waktunya


Makanan Diet

Makanan Diet (Foto: Thinkstock )
Saat sedang berdiet, kebanyakan orang akan mengurangi asupan makanannya. Padahal, tanpa disadari cara tersebut justru dapat mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Kurangnya asupan nutrisi akan membuat tubuh menjadi lemas atau bahkan mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi. Dilansir situs lifestyle, Boldsky, ternyata ada cara lain yang lebih mudah untuk melakukan diet, yaitu dengan mengkonsumsi makanan di waktu yang tepat. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya:
1. Nasi

Nasi merah (COV)

Khasiat nasi merah (Foto: Thinkstock)
Banyak yang berpendapat bahwa nasi dapat menyebabkan naiknya berat badan, sehingga pada akhirnya orang-orang yang sedang menjalani diet banyak yang menghindarinya. Namun, bukan mengurangi nasi, kamu justru harus tetap makan nasi pada jam yang sesuai.
Agar diet berhasil, sebaiknya konsumsi semangkuk kecil nasi untuk makan siang dan hindari mengkonsumsinya pada malam hari. Memakan nasi di malam hari dapat menimbun gula pada tubuh yang berisiko pada kenaikan berat badan.
2. Sayuran

COVER:GIZI SEIMBANG

Penuhi gizi seimbang dengan konsumsi makanan sehat (Foto: Thinkstock)
Sayur dikenal akan seratnya yang tinggi. Mengkonsumsi sayur dalam jumlah banyak akan membuat tubuh tak mudah lapar. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sayur-sayuran, kamu bisa mengkonsumsinya saat siang dan malam hari.
3. Kopi

Ilustrasi minum kopi

Ilustrasi minum kopi (Foto: Thinkstock)
Secangkir kopi hangat di pagi hari hari mungkin sangat cocok untuk menemanimu mengawali aktivitas. Namun, ada baiknya untuk tidak minum kopi di pagi hari. Meminum kopi dalam kondisi perut kosong akan menyebabkan masalah pada usus dan fungsi hati.
Waktu terbaik untuk minum kopi adalah setelah sarapan dan sore hari. Hindari menyesap kopi pada malam hari karena dapat menyebabkan gangguan tidur.
4. Ikan

Menu Awet Muda

Ikan Salmon. (Foto: Thinkstock)
Ikan merupakan sumber utama vitamin dan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh mengurangi rasa lapar, sehingga hal ini akan memudahkan proses diet.
Kamu bisa menambahkan olahan ikan ke dalam menu makan siangmu. Namun, jangan lupa tambahkan sayur dan makanan sehat lainnya agar kandungan nutrisimu seimbang.
5. Roti

ROTI GANDUM

ilustrasi roti gandum (Foto: thinkstock)
Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi dua potong roti panggang untuk sarapan dapat menekan nafsu makan, serta menjaga perut agar tetap kenyang selama siang hari. Namun, jangan sesekali memakan roti pada malam hari karena dapat menimbulkan masalah pencernaan.
6. Susu

Minum Segelas Susu

Minum Segelas Susu (Foto: Thinkstock)
Susu mengandung sumber kalsium, vitamin A, K dan B12 yang tinggi serta potasium, sodium, dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi susu di pagi hari dapat memberi energi ekstra untuk menjalani hari.
Tak hanya baik diminum di pagi hari, minum susu sebelum tidur juga dapat merelaksasi tubuh, sehingga tidur akan semakin nyenyak. Bukan itu saja, susu juga dapat membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.
7. Telur

Telur

Telur (Foto: Pexels)
Telur adalah salah satu makanan yang paling lezat dan sehat, baik direbus ataupun digoreng, semua orang pasti akan menyukainya.
Waktu terbaik untuk mengkonsumsi telur adalah pada pagi hari. Sebaiknya hindari memakan telur pada malam hari karena bisa menyebabkan kembung.

Tujuh makanan demi diet sukses

Tujuh makanan demi diet sukses (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)


KulinerDiet SehatSayuran TipsInfografik

presentation
500

Baca Lainnya