Pencarian populer

Festival untuk Anak Berkebutuhan Khusus Segera Digelar di Jakarta

Press Conference Funtaustic Festival 2017 (Foto: Luthfa Nurridha/kumparan)

ABK atau anak berkebutuhan khusus masih sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Padahal di balik kekurangannya tersebut tertanam sebuah potensi yang sebenarnya bisa digali, sehingga mereka mampu sejajar dengan anak normal lainnya.

Demi menyetarakan anak autis dengan anak normal lainnya, AJ Entertainment berinisiatif untuk menyelenggarakan sebuah acara yang dipersembahkan khusus bagi anak autis. Fantaustic Festival 2017 dipilih sebagai tajuk dari acara tersebut.

"Menyambut hari anak autis nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli nanti, kami berinisiatif untuk mengadakan acara ini demi mensejajarkan anak autis dengan anak normal lainnya," ujar Latesha Ivi Indriani, selaku President Director AJ Entertainment menjelaskan tentang tujuan dari acara ini, saat ditemui kumparan (kumparan.com), Rabu (5/7) di SkyWorld Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

"Acara ini merupakan sebuah bentuk sosialisasi yang juga akan mengedukasi para orang tua abk agar tidak perlu malu mempunyai anak autis, mengingat sampai saat ini masih banyak orang tua yang merasa minder mempunyai anak berkebutuhan khusus," sambungnya.

Press Conference Funtaustic Festival 2017 (Foto: Luthfa Nurridha/kumparan)

Dessy Arnas, yang turut hadir sebagai Coach, Trainer, dan Motivator dalam acara ini juga menuturkan harapannya agar anak autis bisa disejajarkan dengan anak normal lainnya.

"Mungkin selama ini kita tidak aware bahwa anak-anak kebutuhan khusus memiliki potensi untuk tampil di depan publik. Melalui acara inilah kita bisa membuat anak-anak berkebutuhan khusus mengembangkan potensinya," ungkap Dessy.

"Kalau kita tidak buatkan sebuah event untuk membuat mereka tampil, maka orang-orang pun tidak akan pernah tahu jika sebenarnya mereka juga percaya diri untuk menampilkan bakat yang mereka punya," lanjut Dessy yang juga tergabung dalam International Coach Federation (ICF).

Mengusung tema "We're All Amazing", Funtaustic Festival 2017 akan digelar selama dua hari, mulai dari tanggal 8 sampai 9 Juli 2017. Acara ini pun diisi dengan kegiatan lomba yang melibatkan langsung anak autis dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia mulai dari lomba melukis, fotografi, sampai show talent.

Lomba ini juga tak hanya diikuti anak autis saja, melainkan juga mengikutsertakan anak normal yang ingin berpartisipasi dalam acara ini. Keberadaan anak normal di tengah-tengah anak autis diharapkan dapat menjadi sebuah harapan agar mereka untuk bisa berinteraksi langsung dengan anak normal sebayanya.

Tak hanya lomba, akan ada pula art exhibition, talkshow, fun workshop, talent show, counseling, food bazaar & booth dan therapy epxperience. Untuk mengikuti seluruh rangkaian acara ini, tarif khusus diberlakukan bagi pengunjung.

Biaya masuk dikenakan harga Rp 25 ribu, Rp 100 ribu untuk talk show dan Rp 30 ribu untuk menaiki wahana permainan edukatif. SkyWorld TMII dipilih sebagai lokasi diselenggarakannya Funtaustic Festival 2017 karena dianggap sebagai lokasi yang mampu mengembangkan daya imajinasi, baik anak autis dan anak normal lainnya.

Bagi orang tua yang bingung ingin mengajak liburan anak-anaknya pada liburan sekolah kali ini, Funtaustic Festival 2017 bisa menjadi solusi tempat liburan keluarga sambil mengedukasi anak-anak mereka.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63