kumparan
28 Jun 2017 15:38 WIB

Gudeg hingga Bakpia, 10 Kuliner Khas Yogyakarta yang Patut Kamu Coba

Kuliner khas Yogyakarta (Foto: Instagram/kulinerjogja-raffani2016-jogjaku)
Yogyakarta. Apa yang kamu bayangkan tentang salah satu kota romantis penuh sejarah ini? Tempat wisatanya? Atau kuliner khas lokalnya?
ADVERTISEMENT
Berkunjung ke kota gudeg ini tak lengkap rasanya jika hanya berwisata ke tempat sejarah ataupun wisata alamnya. Yogjakarta nyatanya juga menawarkan sajian kuliner lokal yang tak boleh kamu lewatkan.
Gudeg, Sate Klathak, Nasi Kucing, Bakpia adalah segelintir contoh kuliner khas Yogya yang bisa bikin kamu merindukan kota yang sering disebut sebagai kota pelajar ini.
Bagi kamu yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Yogya dalam waktu dekat, kumparan (kumparan.com) telah merangkum 10 kuliner khas lokal yang patut kamu coba. Apa saja?
1. Gudeg
Loading Instagram...
Gudeg menjadi kuliner paling dicari saat berada di Yogya. Saat menyisir sudut kota Yogya, berbagai rumah makan yang menyediakan gudeg akan dengan mudah kamu temukan. Gudeg yang terbuat dari nangka muda ini memiliki rasa manis yang cukup dominan. Dimasak dengan santan yang cukup lama, membuat tekstur dari gudeg empuk dan mudah digigit.
ADVERTISEMENT
2. Sate Klathak
Loading Instagram...
Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan tusukan bambu untuk menusuk potongan daging, sate klathak yang dibuat dari potongan daging kambing ini menggunakan tusukan yang terbuat dari besi. Panasnya besi akan membuat daging kambing menjadi lebih empuk merata hingga ke bagian dalam daging. Seporsi sate klathak disajikan dengan siraman bumbu kecap dan sepiring nasi hangat.
3. Sop Ayam
Loading Instagram...
Sop ayam juga tak boleh kamu lewatkan saat sedang berkunjung ke Yogya. Tidak disebut dengan soto, karena sop ayam yang dijual di Yogya hanya terdiri dari kuah bening dan suwiran daging ayam saja. Tambah nikmat, jika sop ayam dengan kuahnya yang bercitarasa gurih ini dimakan dengan seporsi nasi pulen hangat.
ADVERTISEMENT
4. Nasi Kucing
Loading Instagram...
Yogya juga terkenal dengan nasi kucingnya yang melegenda. Meskipun tak hanya populer di Yogya saja, namun nasi kucing masih diincar oleh para pelancong yang berkunjung ke kota pelajar ini. Disebut nasi kucing karena porsinya yang sedikit, dan biasanya ditambah sambal, ikan dan tempe, lalu dibungkus dengan daun pusing.
5. Jadah Tempe
Loading Instagram...
Mungkin tak semua orang familiar dengan jadah tempe. Terdiri dari dua jenis makanan, yaitu jadah yang berarti nasi yang sudah ditumbuk dan dibentuk bulat lonjong serta tempe bacem yang mempunyai rasa manis. Jadah sendiri tidak terbuat dari nasi, melainkan dari ketan putih sehingga menjadi perpaduan yang pas jika dimakan bersama tempe bacem. Bagi masyarakat Yogya, tahu hampir selalu dimakan bersama jadah.
ADVERTISEMENT
6. Pecel Jogja
Loading Instagram...
Jika berkunjung ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke rumah makan yang menyediakan pecel khas daerah tersebut. Sama halnya dengan Yogya yang juga mempunyai pecel khasnya sendiri. Bumbu kacang yang sedikit lebih kasar serta belimbing wuluh utuh yang disajikan bersama sayuran lain menambah kesegaran pada seporsi pecel khas Yogya.
7. Kipo
Loading Instagram...
Daerah Kotagede, Yogyakarta terkenal dengan makanan lokalnya yang disebut Kipo. Banyak yang mengatakan jika Kipo diambil dari kata dalam bahasa Jawa yaitu iki opo atau yang artinya ini apa. Terbuat dari tepung ketan dengan isi parutan kelapa dan dialasi daun pisang, jajanan pasar ini tentu tak boleh kamu lewatkan.
ADVERTISEMENT
8. Gatot
Loading Instagram...
Berasal dari daerah Gunungkidul, Yogyakarta, Gatot adalah jajanan pasar yang bisa kamu temui saat berkunjung ke kawasan yang diapit oleh beberapa pantai yang indah ini. Teksturnya yang kenyal serta aromanya yang khas membuat Gatot yang terbuat dari singkong ini sangat cocok jika dinikmati dengan tiwul dan teh manis hangat.
9. Cethil
Loading Instagram...
Makanan khas Yogya lainnya adalah Cethil. Jajanan pasar yang satu ini terbuat dari tepung sagu yang diberi pewarna alami yang membuat panganan ini aman untuk dikonsumsi. Tektsur Cethil yang lembut serta dilapisi dengan parutan kelapa menambah kelezatan saat mencicipi jajanan pasar yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke pasar tradisional di Kota Yogya.
10. Bakpia
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Hmm..siapa yang tak tahu bakpia?
Oleh-oleh khas Yogya ini selalu menjadi incaran para pelancong saat berkunjung ke kota keraton ini. Kini, tak hanya bakpia dengan isi kacang hijau, keju atau coklat saja, namun bakpia dengan isi lain seperti green tea dan kacang merah pun bisa kamu temukan di seluruh penjuru kota Yogya.
Jadi, makanan lokal mana yang menjadi favoritmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·