News
·
18 Oktober 2020 21:01

Sosialisasi Cara Mencuci Tangan oleh Mahasiswi UIN Walisongo Semarang

Konten ini diproduksi oleh maharayu unjianti
Sosialisasi Cara Mencuci Tangan oleh Mahasiswi UIN Walisongo Semarang (71825)
Dokumentasi bersama masyarakat setelah sosialisasi cara mencuci tangan dan pembagian handsanitizer
Jumat, 16 Oktober 2020, Salah satu Mahasiswi UIN Walisongo Semarang mengadakan Sosialisasi Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar menurut WHO (World Health Organization) di sekitar lingkungan RT 005/ 002, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Maharayu Rahma Unjianti atau biasa dipanggil Mahar ini merupakan mahasiswi dari jurusan Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang. Sebagai mahasiswi dari bidang sosial dia mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat membantu masyarakat memahami bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19. Selain sosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan benar, di akhir pemaparan para peserta diberikan handsanitizer yang dapat dimanfaatkan para peserta saat di situasi terdesak dan tidak bisa mencuci tangan dengan air mengalir.
ADVERTISEMENT
Target sosialisasi ini adalah para ibu dan anak. Ibu berperan sebagai madrasah pertama bagi anak-anak mereka. Sehingga sang ibu dapat mengedukasi anaknya untuk mempraktekan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Untuk mengajarkan kepada usia anak-anak pun tentu dilakukan dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara persuasive, sehingga sang anak lebih mudah untuk memahaminya.
Oleh karenanya, sosialisasi dilakukan dengan cara penjelasan yang sederhana yaitu dengan menggunakan berbagai gerakan sehingga anak-anak secara tidak langsung mudah untuk menghafal tahapan cara mencuci tangan yang baik dan benar.
Di akhir acara setelah pemaparan cara mencuci tangan yang baik dan benar, para anak-anak diminta untuk maju dan memperagakan kembali cara mencuci tangan yang baik dan benar seperti yang sudah dijelaskan.
ADVERTISEMENT
Sosialisasi Cara Mencuci Tangan oleh Mahasiswi UIN Walisongo Semarang (71826)
Dokumentasi saat Keke memperagakan cara mencuci tangan
Anak saya Keke langsung hafal cara mencuci tangan yang baik dan benar, juga mempraktekan nya dirumah selepas mengikuti sosialisasi tersebut”, kata Anih selaku peserta dan orang tua yang mengikuti sosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan benar.
“Penjelasan bukan hanya dengan disampaikan secara lisan, namun juga dengan gerakan-gerakan yang dapat membantu anak-anak lebih mudah mengingatnya merupakan poin utama utama di sosialisasi ini”, imbuh Fany.
Sosialisasi Cara Mencuci Tangan oleh Mahasiswi UIN Walisongo Semarang (71827)
Dokumentasi bersama masyarakat setelah sosialisasi dengan handsanitizer
Pada akhir pemaparan, handsanitzer dibagikan kepada para peserta. Saat handsanitizer dibagikan, para peserta juga diberikan pemahaman bahwasannya handsanitizer digunakan sebagai shortcut ataupun “jalan pintas” membersihkan tangan pada saat dalam situasi dan kondisi yang tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white