mahfud ikhwan bek 24 dian intan

Dari Pak Yadi ke Pak Soleh (24)

Novelis yang mencintai sepak bola dan film India. Pemenang pertama Sayembara Novel DKJ 2014 dan Kusala Sastra Khatulistiwa 2017. Ia menulis novel Ulid; Kambing dan Hujan; Dawuk. Novel terbarunya adalah Anwar Tohari Mencari Mati (Marjin Kiri, 2021).
26 Juli 2021 2:16
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kartu nama Pak Yadi tak pernah kumanfaatkan, sampai ia hilang terselip entah di mana. Aku memilih menuruti usul kakakku.
“Masuk SMA-ku saja,” katanya. Dan ia menambahkan lima alasan yang bisa kupertimbangkan. Aku mengingat jumlahnya karena ia menuliskannya dalam surat berperangko, yang jarang dilakukannya saat itu: 1) karena itu sekolah negeri terbaik di kabupaten ini; 2) sekolah itu tak terlalu jauh dari rumah, sehingga aku bisa secara teratur pulang untuk menengok adik-adik; 3) tim sepak bola sekolah cukup bagus, demikian juga iklim sepak bola di Pasisiran; 4) sekolah di situ memungkinkanku sekaligus masuk pesantren, sebagaimana yang dulu dilakukan kakakku; 5) Pasisiran hanya satu jam dari Surabaya, yang mungkin saja akan memudahkanku jika aku masih mengejar mimpi sepak bolaku.
Terlepas dari sikap romantiknya yang menyentuh (hal yang memang menjadi kelebihan sekaligus kekurangan kakakku), bagaimana kalian bisa tidak menerima sebuah usul yang disertai lima alasan bagus? Coba dibaca berulang, sebagaimana yang dulu aku lakukan. Tidak saja karena semuanya terdengar masuk akal, tetapi jumlah alasannya yang lima membuatnya terasa seperti jumlah salat fardhu, atau bahkan Rukun Islam, dan dengan demikian kau tak punya alasan selain menurut dan bilang, “siap, laksanakan!”
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Konten Premium kumparan+
Isnan, tokoh utama novel Mahfud Ikhwan ini, pulang ke desanya dan mendapati semua telah berubah, termasuk sepak bola yang dicintainya. Ikuti babak demi babak yang terbit tiap akhir pekan. Klik ceritanya pada daftar konten.